DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Menulis Laporan Penelitian Berbasis Pengayaan Skemata Bacaan untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII

Nova Kristian

Abstrak


ABSTRACT

 

Kristian, Nova. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Laporan Peneltian

Berbasis Pengayaan Skemata Bacaaan untuk Siswa SMP/ MTs Kelas VII.

Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana,

Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Suyono, M. Pd dan

(II) Dr. Sunaryo H.S, S.H, M.Hum

Kata kunci: pengembangan, bahan ajar, menulis laporan penelitian, dan

pengayaan skemata bacaan.

Pembelajaran menulis memiliki pertautan erat dengan pembelajaran

membaca. Membaca berbagai sumber bacaan sebagai basis untuk kegiatan

menulis sangat diperlukan untuk siswa sebelum menulis laporan penelitian. Oleh

karena itu, sangat beralasan apabila pengayaan skemata bacaan dijadikan basis

dalam kegiatan pembelajaran menulis laporan penelitian. Dengan dijadikannya

pengayaan skemata bacaan sebagai basis kegiatan pembelajaran, berarti aktivitas

pembelajaran dirancang guru bertumpu pada kegiatan membaca dan diikuti

dengan kegiatan menulis. Atas dasar itulah yang mendorong peneliti untuk

melakukan penelitian pengembangan bahan ajar menulis laporan berbasis

pengayaan skemata bacaan.

 Secara umum tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa

bahan ajar menulis laporan penelitian bagi siswa SMP kelas VII. Secara khusus,

tujuan penelitian ini adalah: (a) menghasilkan bahan ajar menulis laporan

penelitian bagi siswa SMP yang dikemas dalam bentuk buku cetak sebagai bahan

ajar penulisan laporan penelitian untuk meningkatkan keterampilan menulis

laporan penelitian siswa SMP kelas VII dan (b) mengkaji keefektifan produk

untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan penelitian siswa SMP kelas

VII

Untuk mencapai tujuan di atas, digunakanlah desain pengembangan yang

diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall (1979). Langkah yang

dikembangkan pada pengembangan ini meliputi (1) analisis kebutuhan (untuk

mengumpulkan informasi), (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji

terbatas (kepada ahli), (5) revisi uji terbatas, (6) uji lapangan (kepada guru dan

siswa), dan (7) revisi produk akhir. 

Pengembangan ini telah menghasilkan produk berupa bahan ajar menulis

laporan penelitian berbasis pengayaan skemata bacaan untuk siswa kelas VII SMP. Bahan

ajar menulis laporan penelitian bagi siswa SMP yang berjudul Menulis Laporan

Penelitian: Tahap demi Tahap dengan Cara Mudah untuk Siswa SMP Kelas VII ini

secara garis besar memuat tiga tahapan, yaitu kegiatan prapenulisan, kegiatan penulisan,

dan pascapenulisan. Ketiga tahapan tersebut dipaparkan ke dalam bagian-bagian yang di

dalam produk penelitian dan pengembangan ini dipaparkan ke dalam unit-unit, yaitu unit

1: menggali topik untuk diteliti, unit 2 melakukan penelitian sederhana, unit 3

melaporkan hasil penelitian, unit 4 menyunting laporan penelitian, dan unit 5

mempublikasikan laporan penelitian. 

Bahan ajar Menulis Laporan Penelitian: Tahap demi Tahap dengan Cara

Mudah untuk Siswa SMP Kelas VII ini telah diuji dengan menggunakan uji t sampel

berpasangan. Dari hasil statistik uji beda terhadap aspek menulis laporan

penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar memperoleh hasil yang

lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil sebelum siswa

menggunakan bahan ajar. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan

bahan ajar Menulis Laporan Penelitian: Tahap demi Tahap dengan Cara Mudah untuk

Siswa SMP Kelas VII secara efektif mampu meningkatkan hasil belajar menulis

laporan penelitian. 

Hasil pengembangan bahan ajar ini diharapkan dapat membantu baik

siswa maupun guru dalam proses pembelajaran menulis laporan penelitian.

Mengingat masih terbatasnya bahan ajar menulis laporan penelitian terutama yang

berbasis kegiatan membaca, peneliti memberikan saran agar diadakan penelitian

lanjutan sehingga semakin banyak alternatif bahan ajar yang dapat dipakai dalam

 

proses pembelajaran di kelas.