DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Relevansi Pemilihan Tempat Prakerin dan Pelaksa naan Prakerin sebagai Determinant Kepuasan dan Ketercapaian Kompetensi Siswa SMK Program Keahlian Tata Busana di Malang Raya.

Agus Hery Supadmi Irianti

Abstrak


ABSTRACT

 

Relevansi Pemilihan Tempat Prakerin dan Pelaksa naan Prakerin sebagai Determinant Kepuasan dan Ketercapaian Kompetensi Siswa SMK Program Keahlian Tata Busana di Malang Raya.

Irianti Agus Hery Supadmi.2015. Relevansi Pemilihan  Tempat  Prakerin dan Pelaksa naan Prakerin   sebagai Determinant  Kepuasan dan Ketercapaian Kompetensi   Siswa  SMK  Program   Keahlian   Tata Busana   di Malang Raya. Disertasi. Program Studi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.  Promotor (1)  Prof. Dr.  H. Marji, M.Kes.  (2) Dr. Syarif  Suhartadi, M.Pd.  (3)  Dr. Trisnani  Widowati, M.Si.

Kata Kunci: Tempat prakerin,  pelaksanaan prakerin, kepuasan siswa, kompetensi siswa,  SMK,  Program keahlian Tata Busana.

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1)variabel relevansi pemilihan  tempat  prakerin,   variabel pelaksanaan prakerin,   variabel kepuasan,  varia bel ketercapaian kompetensi prakerin, dan variabel ketercapaian kompetensi siswa SMK Program   Keahlian   Tata Busana, (2) Hubungan struktur antar variabel dan (3) menemu kan ada tidaknya pengaruh secara langsung antar variabel.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Populasi meliputi seluruh siswa SMK program keahlian Tata Busana kelas XII di Malang Raya sejumlah 315. Sampel penelitian berjumlah 259 siswa yang diten-tukan dengan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang diisi oleh siswa. Hasil uji coba terhadap 56 siswa menunjukkan bahwa kelima variabel valid dan reliabel dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05. Model analisis yang digunakan adalah SEM ( Structural Equetion Modelling) dengan software Lisrel 8,30 for window NT

Pengujian hipotesis dengan SEM menemukan bahwa (1)tidak  ada pengaruh  pemilihan tempat  prakerin terhadap  kepuasan  siswa, (2):  tidak ada pengaruh  pemilihan tempat  prakerin terhadap  ketercapaian kompetensi prakerin , (3) ada pengaruh pelak-sanaan prakerin terhadap kepuasan siswa , (4) ada pengaruh pelaksanaan prakerin terhadap ketercapaian prakerin siswa, (5) tidak ada pengaruh  kepuasan  siswa terhadap keterca-paian kompetensi siswa  SMK  , (6) tidak ada pengaruh  ketercapaian kompetensi prakerin  siswa terhadap ketercapaian kompetensi siswa  SMK, (7) tidak ada pengaruh i  pemilihan tempat prakerin terhadap ketercapaian kompetensi siswa SMK  (8),  tidak ada pengaruh pelaksanaan prakerin terhadap  ketercapaian kompetensi siswa SMK dan (9) ada pengaruh antara kepuasan siswa prakerin terhadap ketercapaian kompetensi prakerin yang tidak dihipotesiskan dalam penelitian ini.

 

Simpulan yang dapat dipaparkan (1) pemilihan tempat praktik kerja Industri (Prakerin) secara empiris tergolong tinggi (51%), dan secara umum menerangkan bah