DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Teks Geografi SMA/MA Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Pola Persebaran Dan Interaksi Spasial Desa Dan Kota

Akhmad Munaya Rahman

Abstrak


ABSTRACT

 

Rahman, Akhmad Munaya 2016. Pengembangan Buku Teks Geografi SMA/MA Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Pola Persebaran Dan Interaksi Spasial Desa Dan Kota. Tesis, Jurusan Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budijanto, M.Sos dan (II) Dr. Singgih Susilo, M.S., M.Si.

Kata Kunci: Buku Teks Geografi, Pola Persebaran, Interaksi Spasial.

Buku teks yang digunakan sekolah masih mengacu pada kurikulum KTSP, sehingga kurang relevan dengan kurikulum 2013. Hanya sebagian besar siswa mampu mencapai nilai KKM dan beberapa siswa lainnya mendapat nilai di bawah KKM. Analisis kebutuhan bahan ajar yang sesuai untuk materi pola persebaran dan interaksi spasial desa dan kota berupa buku teks. Kelemahan buku teks terdapat pada penjelasan materi masih bersifat umum, pemberian ilustrasi yang berbeda dengan kondisi lingkungan siswa, tidak adanya pemberian contoh gambar tentang konsep kongkrit, dan beberapa kesalahan pada komponen kebahasaan.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mengembangkan buku teks geografi pada kompetensi dasar menganalisis pola persebaran dan interaksi spasial desa dan kota, (2) mengetahui keefektifan buku teks yang dikembangkan, dan (3) mengetahui kelayakan buku teks geografi di SMA/MA.

Metode penelitian ini didesain dengan pendekatan penelitian pengembangan yang menggunakan model Dick & Carey (2009) dan diadaptasi menjadi lima tahap. Tahap metode tersebut mencakup: (1) studi pendahuluan, (2) menganalisis materi pembelajaran, (3) pengembangan dan penyusunan buku teks geografi, (4) validasi ahli dan uji coba produk, dan (5) revisi produk buku teks geografi. Uji coba produk hasil pengembangan meliputi: (1) ahli materi, (2) ahli bahasa, (3) ahli desain pembelajaran, (4) guru, (5) uji coba kelompok kecil, dan (6) uji lapangan. Subjek uji coba kelompok kecil produk terdiri dari 10 siswa MAN 1 Amuntai dan uji lapangan 15 siswa MAS Bustanul Ulum.

Berdasarkan hasil validasi, uji coba kelompok kecil dan uji lapangan terhadap komponen buku teks, jumlah skor yang didapat yakni: (a) ahli materi adalah 89,4%, (b) ahli bahasa adalah 75%, (c) ahli desain pembelajaran adalah 68%, (d) tanggapan guru adalah 88,2%, (e) uji coba kelompok kecil adalah 78,1% dan (f) uji lapangan adalah 80,2% dari yang diharapkan (100%). Nilai rata-rata hasil validasi, uji coba kelompok kecil, dan uji lapangan, buku teks geografi yang dikembangkan mendapatkan tingkat persentase 79,8%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa buku teks yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Saran bagi pengembangan lebih lanjut, karena penelitian pengembangan yang dilakukan hanya terbatas pada beberapa aspek, seperti lokasi uji coba dan kajian materi, maka diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menghasilkan buku teks dengan kajian materi yang lebih lengkap dan luas.

 

Rahman, Akhmad Munaya 2016. The Development of Geography Text Book Of SMA/MA on the Basic Competence in Analyzing the Distribution Pattern and Spatial Interaction of Rural and Urban. Thesis, Department of Geography Education, Postgraduate Program, Universitas Negeri Malang. Advisor (I) Prof. Dr. Budijanto, M.Sos and (II) Dr. Singgih Susilo, M.S., M.Si.

Keywords: Geography Text book, Distribution Pattern, Spatial Interaction.

The textbook that used in school still refer to the curriculum KTSP, making it less relevant to the curriculum in 2013. Only most of the students were able to achieve the KKM and some students scored below the KKM. Analysis of requirement teaching materials appropriate for the distribution pattern and spatial interaction of rural and urban material in the form of textbooks. The weakness contained in the material explanation that still general, the provision of illustrations that different with the students’ environmental conditions, lack of the example of the picture’s provision about a concrete concept, and some errors on the linguistic component.

This research was conducted with the aim of: (1) develop a geography text book on the basic competence to analyze distribution pattern and spatial interaction of rural and urban, (2) determine the effectiveness of textbook that developed, and (3) determine the feasibility of geography textbook in SMA/MA.

This research method is designed with the approach of the development research that uses Dick & Carey’s model (2009) and adapted into five stages. Stages of the method include: (1) preliminary study, (2) analyze the learning materials, (3) the development and preparation of geography textbook, (4) the expert of validation and product trial, and (5) product revision of geography textbook. The trial product of development results include: (1) material expert, (2) linguist, (3) expert of instructional design, (4) teacher, (5) small group trial, and (6) field test. Subjects of small group trial product consist of 10 students of MAN 1 Amuntai and field test consist of 15 students of MAS Bustanul Ulum.

 

Based on the evaluation, small group trial riil and field test of the textbook components, the number of scores that obtained are: (a) material expert is 89.4%, (b) linguist is 75%, (c) expert of instructional design is 68%, (d) teacher responses is 88,2%, (e) small group trial is 78.1%, and (f) field test is 80.2% of the expected (100%). The average grade of validation results, small group trial, and field test, developed geography textbooks get a percentage rate of 79.8%. This research can be concluded that the developed textbook is feasible for use in learning. Suggestions for further development, because of the development research which is done only limited to some aspects, such as the location test and a review of the material, then further research is needed to produce a textbook with study material that is more complete and comprehensive.