DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Panduan Motivasi Diri Dengan Media Wayang Untuk Siswa SMP

Puji Maulana

Abstrak


ABSTRACT

 

Maulana, Puji. 2016. Pengembangan Panduan Motivasi Diri Dengan Media Wayang Untuk Siswa SMP.Tesis. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Marthen Pali. M. Psi. (II) Dr. Dany. M. Handarini, MA.

Kata Kunci : Motivasi diri, Media wayang, Kebutuhan berkompetensi dan Kebutuhan berkompetisi.

Masa remaja merupakan sebuah periode dalam kehidupan manusia yang batasan usia maupun peranannya sering kali tidak terlalu jelas. Konselor bisa membantu pengembangan diri siswa di sekolah. Untuk mencapai hal itu diperlukan motivasi diri yang tinggi pada diri siswa, dengan motivasi diri yang tinggi diharapkan siswa akan memiliki prestasi akademik yang tinggi juga. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memudahkan dalam proses bimbingan kelompok adalah dengan membuat buku panduan pelatihan motivasi diri dengan media wayang untuk siswa SMP.

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan panduan yang akseptabel, memenuhi kriteria ketepatan, kegunaan dan keterlaksanaan. Uji coba produk dilakukan oleh ahli Bimbingan dan Konseling, ahli ilmu pendidikan, ahli pendidikan bahasa dan pengguna produk (konselor).

Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian pengembangan. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa tahapan antara lain : (1) Persiapan, meliputi: asesmen kebutuhan, penentuan tujuan; (2) Pelaksanaan, meliputi : penyusunan draf produk; (3) uji coba produk, meliputi : uji ahli dan uji calon pengguna produk (konselor).

Hasil penelitian adalah (1) Secara umum berdasarkan data kuantitatif dan kualitatif uji ahli dan calon pengguna produk menunjukan bahwa panduan pelatihan motivasi diri dengan media wayang telah memenuhi aspek keberterimaan. (2) Berdasarkan data kuantitatif dan kualitatif pengguna produk menunjukkan bahwa panduan pelatihan motivasi diri dengan media wayang telah memenuhi aspek keberterimaan.

Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan maka saran yang dapat diberikan adalah : (1) Konselor dapat menggunakan panduan pelatihan motivasi diri dengan media wayang ini kepada siswa melalui tindakan bimbingan dan menyesuaikan dengan kondisi kelas, (2) Peneliti selanjutnya perlu menguji cobakan produk pada subjek pengguna produk (siswa), dan (3) Peneliti selanjutnya dapat menguji keefektifan panduan pelatihan motivasi diri dengan media wayang ini dengan rancangan penelitian eksperimen.

ABSTRACT

 

Maulana, Puji. 2016. Development of Self Management Guide with Shadow Puppet Media for Junior High School Students. Thesis. Guidance and Counseling, Graduate Program, State University of Malang. Supervisor: (1) Prof. Dr. Marthen Pali. M. Psi. (II) Dr. Dany. M. Handarini, MA.

Keywords: Self-motivation, Media of puppets, Competition needs and the need to compete.

Adolescence is a period in human life and the role that the age limit is often not very clear. The counselor can help the development of the students in the school. To achieve the required high self-motivation on students, with high self-motivation is expected that students will have high academic achievement as well. One effort that can be done to facilitate the process of group counseling is to create a training manual self-motivated with a media puppet for junior high school students.

The purpose of this study is to generate self-motivation training guide for junior high school students with the media of wayang (Javanese Punokawan) that meets the criteria of accuracy, usability and enforceability as well as through expert testing of guidance and counseling (BK) and individual testing (the counselor).

Data were collected through several stages, among others: (1) Preparation, including: assessment of needs, study of literature; (2) Implementation, including: the drafting of the product; (3) Test including: expert testing of Guidance and Counseling (BK) and individual testing (counselor).

The results of the study are (1) In general, based on quantitative and qualitative data expert test showed that self-motivation training guide with the media of puppet with a model of observational learning for junior high school students have met acceptability aspects. (2) Based on quantitative and qualitative data users of the product showed that the self motivation training guide with the media of puppet with observational learning model for junior high school students have met the acceptability aspects.

 

Based on the research and development of the advice that can be given is: (1) The counselor can use self-motivation training guide with the media this puppet to students through guidance action and adjust to classroom conditions, 2) Researchers further need to test the product on the subject experimented product users (students), and (3) Researchers can then test the efficacy of motivational training guides themselves with this puppet media with experimental research design.