DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan I-Invertebrata Sebagai Media Untuk Mengidentifikasi Jenis Mollusca, Arthropoda, dan Echinodermata di Zona Pasang Surut Pantai Gatra Kabupaten Malang Serta Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa

Arindra Trisna Widiansyah

Abstrak


ABSTRACT

 

Widiansyah Arindra T. 2016. Pengembangan I-Invertebrata Sebagai Media Untuk Mengidentifikasi Jenis Mollusca, Arthropoda, dan Echinodermata di Zona Pasang Surut Pantai Gatra Kabupaten Malang Serta Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M.Pd., (2) Dr Munzil M.Si

Kata kunci: Pengembangan I-Invertebrata, Media Untuk Mengidentifikasi, Pantai Gatra, Motivasi Belajar Mahasiswa.

Biologi merupakan cabang ilmu sains yang mempelajari tentang seluk beluk makhluk hidup. Objek pembelajarannya meliputi seluruh organisme, tidak terkecuali invertebrata. Proses identifikasi hewan invertebrata dapat dilakukan dengan berbagai metode dan media. Tetapi fakta dilapangan masih banyak ditemukan kendala. Oleh karena itu perlu memanfaatkan media pembelajaran berbasis android. Tujuan penelitian adalah menghasilkan media I-Invertebrta untuk mengidentifikasi jenis Mollusca, Arthropoda, dan Echinodermata di zona pasang surut pantai Gatra Kabupaten Malang. Serta mengetahui adanya pengaruh media I-Invertebrata terhadap motivasi mahasiswa pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Metode penelitian pengembangan ini menggunakan menggunakan model pengembangan research and development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall (1983) yang terdiri dari 10 tahapan yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk pendahuluan, uji coba pendahuluan, perbaikan produk utama, uji coba utama, perbaikan produk operasional, uji coba operasional, perbaikan produk ahkir, dan diseminasi.

 

Hasil validasi ahli materi, media dan respon mahasiswa menunjukkan media i-invertebrata sudah layak digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan saran secara umum adalah gambar dibuat berwarna, perlu ditambahkan petunjuk penggunaan media, perlu ditambahkan gambar penjelas pada setiap kunci determinasi, menu perlu ditampilkan di halaman utama, diperlukan menu sharing, perlu dipertimbangkan. Selanjutnya hasil penelitian quasi eksperimen menunjukkan adanya pengaruh penerapan media i-invertebrata terhadap motivasi belajar mahasiswa. Hal ini berdasarkan hasil 1) selisih rata-rata skor pretes dan postes motivasi secara umum mahasiswa pada kelas eksperimen adalah 2; 2) hasil selisih dari total rata-rata skor pretes dan postes ARCS pada kelas eksperimen Attention (perhatian) adalah 1, Confidence (percaya diri) adalah 2; 3) skor rata-rata lembar observasi motivasi belajar pada kelas eksperimen adalah 74% dengan kriteria baik; 4) serta hasil uji anakova dapat diketahui bahwa F hitung yang dihasilkan adalah sebesar 5,567 dengan signifikansi 0,022. Nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,05.