DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Web Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Kimia pada Materi Kimia Inti dengan Kemampuan Self Regulated Learning Berbeda

Chintia Rhamandica

Abstrak


ABSTRACT

 

Rhamandica, Chintia. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Web Terhadap Hasil

Belajar Mahasiswa Jurusan Kimia pada Materi Kimia Inti dengan Kemampuan

Self Regulated Learning Berbeda. Tesis, Program Studi Pendidikan Kimia,

Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(I) Dra. Surjani Wonorahardjo, Ph.D., (II) Dr. Munzil Arief, M.Si.

Kata kunci: kimia inti, pembelajaran berbasis web, self regulated learning.

Kimia inti merupakan salah satu materi dalam matakuliah Kimia Dasar II yang dipelajari mahasiswa jurusan kimia pada semester kedua. Materi tersebut merupakan salah satu materi kimia yang berisi konsep konkrit, abstrak, dan perhitungan matematika. Selain itu, materi ini juga membahas fenomena kimia yang dinyatakan dalam representasi makroskopik, mikroskopik, dan simbolik. Hal tersebut menyebabkan mahasiswa mengalami kendala dalam memahami konsep kimia inti secara mendalam dengan keterbatasan waktu pembelajaran di kelas. Pada penelitian ini digunakan pembelajaran berbasis web berbantuan media blog dan moodle untuk memecahkan permasalahan tersebut. Faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar kognitif mahasiswa adalah kemampuan self regulated learning. Mahasiswa yang memiliki kemampuan self regulated learning tinggi akan lebih mudah mengatur dirinya sendiri untuk belajar memahami konsep dan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis web dengan media blog dan moodle terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa pada materi kimia inti ditinjau dari kemampuan self regulated learning yang berbeda, serta interaksi antara kemampuan self regulated learning dengan hasil belajar kognitif mahasiswa melalui pembelajaran berbasis web dengan media blog dan moodle.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dengan posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 jurusan kimia salah satu perguruan tinggi negeri di Malang tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian adalah mahasiswa kelas C (25 mahasiswa) yang dibelajarkan menggunakan media blog dan kelas A (25 mahasiswa) yang dibelajarkan menggunakan media moodle. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan (terdiri dari silabus, RPP, bahan ajar, LKM, dan media online) dan instrumen pengukuran yang terdiri dari angket self regulated learning dan tes hasil belajar. Terjemahan angket self regulated learning telah divalidasi dengan hasil penilaian 94,9% dan reliabilitas sebesar 0,928. Tes hasil belajar terdiri dari 23 soal pilihan ganda dengan realibilitas sebesar 0,903 dan validitas isi sebesar 91,5%. Analisis data dilakukan dengan uji-t, uji korelasi, dan anava 2 jalur yang dilanjutkan dengan uji post hoc.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis web menggunakan media blog tidak berbeda signifikan dengan mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis web menggunakan media moodle pada materi kimia inti; (2) mahasiswa yang memiliki kemampuan self regulated learning berbeda memiliki hasil belajar yang berbeda pula; dan (3) hasil belajar mahasiswa dengan kemampuan self regulated learning tinggi, sedang, dan rendah berbeda secara signifikan baik yang dibelajarkan dengan media blog maupun moodle.