DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul dan Trainer PLC Mikro Berbasis Kompetensi pada Pembelajaran Mekatronika

Agus . Suyetno

Abstrak


ABSTRACT

 

Suyetno, Agus. 2016.

Pengembangan Modul dan Trainer PLC Mikro Berbasis

Kompetensi pada Pembelajaran Mekatronika. Tesis. Program Studi

Pendidikan Kejuruan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ir. H. Djoko Kustono, M.Pd, (II) Dr. Dwi Agus

Sudjimat, S.T., M.Pd.

Kata kunci: modul, trainer PLC mikro, kompetensi mekatronika.

Mekatronika adalah salah satu matakuliah yang wajib ditempuh

mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang karena erat

hubungannya dengan sistem kontrol di industri. Permasalahan yang menghambat

pencapaian kompetensi mekatronika berdasarkan analisis kebutuhan (need

analysis) antara lain: 1) keterbatasan saranan praktikum, 2) sumber belajar yang

terbatas, dan 3) tidak terdapat job sheet praktikum. Solusi yang dapat digunakan

dari hasil analisis hasil akhir (front end analysis). Tujuan dari penelitian dan

pengembangan ini adalah 1) mengembangkan trainer PLC yang lebih sederhana

dan juga dapat disimulasikan pada komputer, 2) mengembangkan modul, dan 3)

mengembangkan job sheet sebagai sumber belajar praktikum mekatronika. 

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model

pengembangan ADDIE, yaitu model pengembangan yang terdiri dari tahap

analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pada tahap

analisis akan dilakukan analisis kebutuhan (need analysis) dan analisis hasil akhir

(front end analysis). Pada tahap pengembangan, akan dilakukan validasi ahli dan

validasi pengguna. Pada tahap implementasi, akan dilakukan evaluasi formatif.

Sedangkan evaluasi sumatif pada tahap evaluasi tidak dilakukan karena penelitian

yang akan dilakukan hanya sampai pada tahap melihat kelayakan dari media yang

dikembangkan.

Hasil dari validasi ahli pada tahap pengembangan, media yang

dikembangkan termasuk dalam tingkat yang valid dan layak digunakan (96,36%).

Berdasarkan hasil validasi pengguna, media yang dikembangkan termasuk dalam

tingkat yang valid dan layak digunakan (90,00%). Pada tahap uji coba perorangan,

didapatkan hasil tes rata-rata mahasiswa adalah 86 dan hasil angket persepsi

mahasiswa terhadap media adalah valid dan layak digunakan (87,62%). Pada

tahap uji coba kelompok kecil, didapatkan hasil tes rata-rata mahasiswa adalah 86

dan hasil angket persepsi mahasiswa terhadap media adalah valid dan layak

digunakan (91,43%). Pada tahap uji coba lapangan, didapatkan hasil tes rata-rata

mahasiswa adalah 87 dan hasil angket persepsi mahasiswa terhadap media adalah

valid dan layak digunakan (83,67%). Untuk pengembangan lebih lanjut, media

dapat dikembangkan agar bisa dijalankan melalui smart phone karena media yang

sekarang dikembangkan hanya dapat dijalankan di komputer. Selain itu pada

pengembangan selanjutnya juga dapat menggunakan Arduino dalam penggunaan

 

trainer PLC Mikro.