DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Kompetensi Administrasi Server Jaringan dan Pelaksanaan Prakerin terhadap Minat Kerja Serta Dampaknya pada Kesiapan Kerja di Perusahaan Internet Service Provider bagi Siswa SMK Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan

Urnika Mudhifatul Jannah

Abstrak


ABSTRACT

 

Jannah, Urnika Mudhifatul. 2016. Kontribusi Kompetensi Administrasi Server Jaringan dan Pelaksanaan Prakerin terhadap Minat Kerja Serta Dampaknya pada Kesiapan Kerja di Perusahaan Internet Service Provider bagi Siswa SMK Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Tesis. Program Studi pendidikan Kejuruan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T. (II) Dr. Eng. Anik Nur Handayani, S.T., M.T.

Kata Kunci: kompetensi keterampilan, administrasi server jaringan, prakerin, minat kerja, kesiapan kerja, ISP

Kesiapan kerja lulusan siswa SMK dapat dipengaruhi oleh keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah serta pelaksanaan praktik kerja industri yang dilakukan di dunia usaha/ dunia industri. Salah satu indikator kesiapan kerja siswa lulusan TKJ di perusahaan Internet Service Provider dapat dilihat dari pencapaian kompetensi administrasi server jaringan, pelaksanaan prakerin, dan minat kerja siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi antara pencapaian kompetensi keterampilan administrasi server jaringan, pelaksanaan prakerin, dan minat kerja siswa terhadap kesiapan kerja di perusahaan penyedia layanan internet bagi siswa SMK paket keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling dengan jumlah sampel siswa SMK TKJ kelas XI sebanyak 205 siswa dari populasi 420 siswa. Pengumpulan data penelitian untuk variabel pelaksanaan prakerin, minat kerja siswa dan kesiapan kerja di perusahaan ISP dilakukan dengan menggunakan instrumen angket, sedangkan untuk variabel pencapaian kompetensi keterampilan administrasi server jaringan dengan menggunakan dokumentasi nilai. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh koefisien jalur signifikan sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dinyatakan diterima, dengan uraian sebagai berikut: (1) koefisien jalur antara X1 dan X2 terhadap Y secara simultan sebesar 0,242; (2) koefisien jalur antara X1 terhadap Y secara langsung sebesar 0,202; (3) koefisien jalur antara X2 terhadap Y secara langsung sebesar 0,410; (4) koefisien jalur antara X1, X2 dan Y terhadap Z secara simultan sebesar 0,172; (5) koefisien jalur antara X1 terhadap Z secara langsung sebesar 0,221; (6) koefisien jalur antara X2 terhadap Z secara langsung sebesar 0,152; dan (7) koefisien jalur antara Y terhadap Z secara langsung sebesar 0,253. Kontribusi X1 terhadap Z melalui Y adalah sebesar 0,272 dan kontribusi X2 terhadap Z melalui Y adalah sebesar 0,255.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kontribusi pencapaian kompetensi keterampilan administrasi server jaringan dan pelaksanaan prakerin terhadap kesiapan kerja di perusahaan ISP dapat dilakukan dengan meningkatkan minat kerja siswa. Sekolah dapat meningkatkan kerjasama dengan pihak industri, sehingga setelah lulus dari sekolah siswa tidak lagi bekerja dengan bidang yang tidak sesuai dengan kompetensi keahlian yang dimilikinya. Selain itu, sekolah dapat pula mengembangkan suatu program kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien serta meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat meningkatkan pencapaian kompetensi keterampilan administrasi server jaringan dan evaluasi terhadap pelaksanaan prakerin sehingga lulusan SMK menjadi tenaga kerja ahli, profesional, dan berkualitas, serta siap memasuki kerja sesuai dengan bidang keahlian yang ditekuninya.

ABSTRACT

 

Jannah, Urnika Mudhifatul. 2016. Contributions Competence Network Server Administration and Implementation of Field Industrial Practice to Work Interest and its Impact to Work Readiness in Internet Service Provider Enterprise for Students of Vocational High School Expertise Package of Computer Network Engineering. Thesis. Study Program of Vocational Education, Postgraduate of State University of  Malang. Lecturer: (I) Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T. (II) Dr. Eng. Anik Nur Handayani, S.T., M.T.

Keywords: skill competence, network server administration, field industrial practice, work interest, readiness, ISP

Work readiness of graduate students of vocational high school (SMK) can be influenced by succesful learning in school and implementation of field industrial practice in bussiness world/ industry world. One of indicators that shows work readiness of graduate students of Expertise Package of Computer Network Engineering (TKJ) in Internet Service Provider (ISP) enterprise can be seen from achievement of competence network server administration, implementation of field industrial practice, and students’ work interests. This research is objected to know contributions competence network server administration skill, implementation of field industrial practice and students’ work interests to work readiness in ISP enterprise for students of SMK Expertise Package of Computer Network Engineering.

This research uses quantitative approach. Sampling technique that is used is propotional random sampling by 205 0f 420 students of XI grade of SMK expertise package TKJ as samples. Research data collection for implementation of field industrial practice variable, students’ work interests variable, and work readiness in ISP enterprise variable done using questionnares, while for achievement of competence network server administration skill uses score documentation. Data analysis taht is used to thetest hypothesis done using path analysis.

The result of the research show that the entire path coefficient are significant. Alternativa hypothesis (Ha) submitted are accepted, by explanations as follow: (1) path coefficient X1 and X2 to Y simultaneously is 0,242; (2) path coefficient X1 to Y directly is 0,202; (3) path coefficient X2 to Y directly is 0,410; (4) path coefficient X1, X2 and Y to Z simultaneously is 0,172; (5) path coefficient X1 to Z directly is 0,221; (6) path coefficient X2 to Z directly is 0,152; and (7) path coefficient Y to Z directly is 0,253. Contribution of X1 to Z through Y is 0,272 and contribution of X2 to Z through Y is 0,255.

 

Based on the reaearch can be concluded that to increase contributions of achievement competence network server administration skill and implementation of  field industrial practice to work readiness in ISP enterprise can be done by increasing students’ work interests. School can improve cooperation with industry world, so after graduating from school, students do not work in field that is inappropriate withs skills they have. Besides schools can also develop an affective and efficient learning process and improve learning evaluate implementation of  field industrial practice, so gradute students of SMK become an expert, profesional worker, and have good quality and ready to work every fiels suitable with their capabilities.