DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektivan Konseling Realita dengan Visual Art untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa SMA

Rosa . Irawati

Abstrak


ABSTRACT

 

Keefektivan Konseling Realita dengan Visual Art untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa SMA

Efikasi diri akademik merupakan salah satu faktor non kognitif yang dapat ditingkatkan untuk membantu siswa meraih prestasi belajar yang optimal. Salah satu cara untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa adalah layanan konseling. Kreativitas dalam konseling diperlukan agar konseli mendapatkan manfaat yang lebih dalam dan luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kombinasi pendekatan Konseling Realita dengan kegiatan seni kreatif yaitu visual art.

Penelitian eksperimen ini menggunakan ancangan double blind randomized controlled group pre-test post-test design. Penelitian ini dilakukan oleh konselor sekolah dengan subjek penelitian masing-masing 15 konseli di dua sekolah yang berbeda. Baik konselor maupun konseli tidak mengetahui keberadaannya, apakah di kelompok eksperimen ataukah di kelompok kontrol.

Analisis statistik yang digunakan untuk menguji keefektifan intervensi pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol adalah analisis non parametrik The Wilcoxon Matched-pairs Signed-ranks Test dan untuk menguji hipotesis penelitian ini digunakan  analisisThe Mann-Witney U Test. Keefektifan KRVA pada kelompok eksperimen  dibuktikan dengan perolehan nilai Z sebesar   -3, 454 dengan Asymp. Sign. (2-tailed) sebesar 0,001. Pada kelompok kontrol, keefektifan Konseling Realita dibuktikan dengan perolehan nilai Z sebesar  -3, 422 dengan Asymp. Sign. (2-tailed) sebesar 0,001. Perbedaan efektivitas perlakuan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dianalisis dan diperoleh nilai mean kelompok eksperimen (20) lebih besar daripada mean kelompok kontrol (11), nilai uji Z sebesar -2,816 dengan angka Asymp. Sign. (2-tailed) sebesar 0,005. Dengan demikian dapat disimpulkan ada, artinya KRVA  efektif untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa.

 

 Saran penelitian: 1) bagi konselor sekolah, bila karakteristik siswa sama dengan kelompok eksperimen yakni memiliki efikasi diri akademik rendah dan memiliki minat/kemauan mengikuti proses konseling dengan menggambar maka Konseling Realita dengan Visual Art dapat dipilih. Dalam melaksanakan KRVA di sekolah maka hal yang perlu diperhatikan adalah adanya konseli yang kurang mampu untuk menuangkan pemikiran dan perasaannya dalam bentuk gambar maka perlu diberi stimulus dan motivasi. 2) bagi peneliti selanjutnya, a) perlu dilakukan penelitian pengembangan untuk mengembangkan panduan KRVA untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa, b) penelitian ini perlu ditindak lanjuti dengan variasi populasi yang berbeda misalnya di SD dan SMP, c) penelitian ini perlu ditindak lanjuti dengan menguji keefektifannya pada aspek lain, misalnya manajemen diri, harga diri, regulasi diri dan kemampuan pengambilan keputusan.