DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KONTRIBUSI ERGONOMI KOMPUTER, KELENGKAPAN FASILITAS DAN KESESUAIAN FASILITAS PRAKTIK TERHADAP KESEHATAN ERGONOMI KOMPUTER PESERTA DIDIK PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA UPT PELATIHAN KERJA SINGOSARI

Odhitya Desta Triswidrananta

Abstrak


ABSTRACT

 

Triswidrananta, Odhitya Desta. 2016. Kontribusi Ergonomi Komputer, Kelengkapan Fasilitas dan Kesesuaian Fasilitas Praktik terhadap Kesehatan Ergonomi Komputer Peserta Didik Paket Keahlian Multimedia UPT Pelatihan Kerja Singosari. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ir. Djoko Kustono, M.Pd., (II) Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd.

Kata Kunci:     Ergonomi komputer, kelengkapan fasilitas, kesesuaian fasilitas, kesehatan ergonomi

Ergonomi komputer tidak lepas dari peralatan dan lingkungan pendukungnya. Seperti yang telah diketahui bahwa gangguan kesehatan yang ditimbulkan berasal dari peralatan atau lingkungan yang tidak ergonomik. Oleh karena itu kelengkapan dan kesesuaian fasilitas terhadap ergonomi juga perlu diperhatikan, yang diharapkan akan berdampak pada kesehatan, produktivitas, dan hasil belajar peserta didik. Salah satu standar fasilitas sekolah yang harus ada di dalam suatu tempat pendidikan adalah adanya fasilitas laboratorium komputer yang memadai, maka dapat menciptakan kondisi belajar yang kondusif, nyaman, aman, dan sehat sehingga prestasi belajar yang didapatkan oleh peserta didik lebih optimal. Laboratorium komputer sangat diperlukan dalam mendukung hasil belajar peserta didik, karena laboratorium komputer digunakan sebagai sarana dalam mengembangkan kreativitas dibidang teknologi informasi khususnya pada penelitian ini di bidang multimedia, dimana kegiatan belajar praktikum dilaksanakan di laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi antara ergonomi komputer, kelengkapan fasilitas praktik, dan kesesuaian fasilitas praktik terhadap kesehatan ergonomi komputer peserta didik paket keahlian multimedia di UPT Pelatihan Kerja Singosari.

Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan analisis jalur (path analysis). Subjek penelitian adalah peserta didik jurusan multimedia dengan jumlah populasi 125 orang dan sampel penelitian dihitung dengan menggunakan rumus Taro Yamane diperoleh 95 orang di UPT Pelatihan Kerja Singosari. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis jalur.

 

Hasil analisis jalur pada sub struktural I diperoleh nilai Fhitung sebesar 8.297. Jadi karena Fhitung lebih besar daripada Ftabel yaitu 8.297 > 0.0513 dan p-value kurang dari α (0.000< 0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama variabel bebas (eksogen) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (endogen). Pada sub struktural II diperoleh nilai Fhitung sebesar 65.63. Jadi karena Fhitung lebih besar daripada Ftabel yaitu 65.63 > 0.1168 dan p-value kurang dari α (0.000 < 0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama variabel bebas (eksogen) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (endogen). Saran yang dapat dikemukakan untuk penelitian selanjutnya antara lain: kepada para instruktur dan peserta didik pada UPT Pelatihan Kerja Singosari selalu meningkatkan kesadaran ergonomi komputer dalam pelaksanaan proses pelatihan untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan terhindar dari resiko kecelakaan.