DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS DARING KOMBINASI SEBAGAI PENDAMPING PRAKTIK KERJA LAPANGAN SISWA SMK

Sri Munarsih

Abstrak


ABSTRACT

 

Sri Munarsih. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Daring Kombinasi sebagai Pendamping Praktik Kerja Lapangan Siswa SMK. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Wartono, M.Pd., (II) Dr. Lia Yuliati, M.Pd.

Kata Kunci: bahan ajar, daring kombinasi, praktik kerja lapangan.

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan program pembelajaran khas SMK dalam rangka memenuhi kebutuhan siswa sekaligus sebagai wahana berkontribusi bagi dunia usaha dan dunia industri terhadap upaya pengembangan pendidikan di SMK. Sesuai Kurikulum 2013 PKL dilaksanakan dengan sistem blok selama 3 bulan sehingga pembelajarannya dilaksanakan secara tatap muka di sekolah dan mandiri di industri. Daring Kombinasi merupakan penggabungan dua kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan pembelajaran melalui kelas konvensional (tatap muka) dan kelas online (dalam jaringan). Kegiatan pembelajaran melalui tatap muka dan online memiliki kekurangan dan kelebihan, sehingga jika keduanya dilaksanakan secara bersama (dikombinasikan) maka keduanya akan saling melengkapi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika SMK berbasis daring kombinasi yaitu pembelajaran kombinasi antara tatap muka dan belajar mandiri secara online sebagai pendamping siswa ketika melaksanakan PKL.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall melalui tahap perencanaan, tahap pengembangan produk awal, tahap validasi ahli, dan tahap uji kelayakan. Validasi ahli dilakukan oleh dua orang dosen yang kompeten di bidangnya. Uji kelayakan dilakukan pada dua orang guru fisika dan sepuluh siswa SMK Negeri 5 Malang. Produk akhir hasil pengembangan dalam penelitian ini berupa Buku Siswa, Buku Panduan Guru dan Bahan Ajar Moda Daring pada materi Listrik Statis khusus untuk SMK Program Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi. Produk yang dihasilkan digunakan sebagai pendamping siswa SMK ketika melaksanakan PKL.

 

Hasil validasi menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan termasuk dalam kategori layak yaitu 91% untuk Buku Siswa, 90% untuk Buku Panduan Guru dan 89% untuk Bahan Ajar Moda Daring. Produk telah direvisi berdasarkan komentar dan saran validator, guru dan siswa. Produk yang dihasilkan sudah layak dan perlu dikembangkan untuk materi yang lain. Penelitian ini baru sampai tahap uji kelayakan, sehingga perlu dikembangkan penelitian lebih lanjut dengan melaksanakan uji coba lapangan untuk mengetahui kualitas proses dan hasil belajar menggunakan produk yang dikembangkan.