DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Minat pada Pelajaran Ekonomi, dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Ekonomi Siswa MAN se-Kabupaten Blitar .

Dian Eka Prasastianta

Abstrak


ABSTRACT

 

Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Minat pada Pelajaran Ekonomi, dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Ekonomi Siswa MAN se-Kabupaten Blitar .

Prasastianta, Dian Eka. 2016. Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Minat pada Pelajaran Ekonomi, dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Ekonomi Siswa MAN se-Kabupaten Blitar Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Agung Haryono. S.E., M.P.Ak (II) Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

Kata Kunci :Perilaku Ekonomi Siswa MAN, Literasi Ekonomi, Minat Pada Pelajaran Ekonomi, Status Sosial Ekonomi Orang Tua

Perilaku ekonomi siswa dalam hal rasionalitas ekonomi sebagai tindakan yang mencerminkan kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi pada dasarnya telah dikenal oleh siswa sejak mereka berada di lingkungan keluarga maupun masyarakat tempat dimana dia tinggal. Pemahaman berikutnya melalui pendidikan di sekolah formal mulai Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA). Siswa merupakan pelaku ekonomi dalam hal ini bertindak sebagai konsumen. Seorang konsumen dalam melakukan tindakan konsumsi selalu bersikap rasional, karena manusia adalah homoeconomicus. Rasionalitas konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor seperti pengetahuan dasar ekonomi dan status sosial ekonomi seseorang, minat pada pelajaran ekonomi. Meskipun demikian perilaku yang dilihat dari rasionalitas ekonomi siswa masih kurang nampak.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) pengaruh status sosial ekonomi orangtua terhadap terhadap literasi ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar, (2) pengaruh status sosial ekonomi orangtua terhadap terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar, (3) pengaruh  minat siswa pada pelajaran ekonomi  terhadap literasi ekonomi siswa  MAN se-Kabupaten Blitar (4) pengaruh  minat siswa pada pelajaran ekonomi  terhadap perilaku ekonomi siswa  MAN se-Kabupaten Blitar (5) pengaruh literasi ekonomi siswa terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar, (6) pengaruh tidak langsung status sosial ekonomi orangtua terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar melalui literasi ekonomi, dan (7) pengaruh tidak langsung minat siswa pada pelajaran ekonomi, terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar melalui literasi ekonomi.

Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori yang bertujuan menjelaskan dan menganalisis variabel tertentu secara obyektif kondisi empiris yang akan dijelaskan dan dianalisis adalah pengaruh variabel independen dan variabel dependen. penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individual, karena semua variabel diukur dari subjek penelitian sebagai individu. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional, dimana penelitian ini untuk memperoleh data dari responden pada periode waktu yang tertentu. Dilihat dari hubungan antar variabel ada empat variabel yang diposisikan sebagai variabel eksogen dan dua variabel yang diposisikan sebagai variabel endogen. Sampel berjumlah 150 siswa, pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan tes. Teknik angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang status sosial ekonomi, minat pada pelajaran ekonomi dan perilaku ekonomi siswa. Sementara teknik tes dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang literasi ekonomi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis jalur dan hubungan variabelnya distrukturkan berdasar SEM (Structural Equation Modeling). Analisis dilakukan dengan menggunakan program aplikasi LISREL 8.80 for Windows.

Hasil-hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan pada bagian sebelumnya memberikan beberapa kesimpulan antara lain sebagai berikut: (1) status sosial ekonomi orangtua tidak berpengaruh terhadap terhadap literasi ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar, (2) status sosial ekonomi orangtua tidak berpengaruh terhadap terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar, (3)   minat siswa pada pelajaran ekonomi  berpengaruh terhadap literasi ekonomi siswa  MAN se-Kabupaten Blitar (4)  minat siswa pada pelajaran ekonomi  berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa  MAN se-Kabupaten Blitar (5) pengaruh literasi ekonomi siswa  berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar, (6) status sosial ekonomi orangtua tidak berpengaruh  terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar melalui literasi ekonomi), dan (7) minat siswa pada pelajaran ekonomi berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa MAN se-Kabupaten Blitar melalui literasi ekonomi.

 

Saran dan rekomendasi bagi guru sebagai bahan masukan untuk memperbaiki proses pembelajaran, sehingga pembelajaran ekonomi di sekolah lebih diorientasikan untuk membangun moral dan perilaku ekonomi bagi siswa. Meningkatkan kegiatan pembelajaranyang dapat menarik minat siswa dalam menumbuhkan serta mendorong siswa untuk meningkatkan kompetensi dalam hal penguasaan materi maupun ketrampilan dalam menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai.