DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan media pembelajaran fungsi kuadrat berbantuan matlab bercirikan penemuan terbimbing

Arini Rabbi Izzati

Abstrak


ABSTRACT

 

Izzati, Arini Rabbi. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Fungsi Kuadrat Berbantuan Matlab Bercirikan Penemuan Terbimbing untuk Siswa SMK. Tesis, Prodi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc. (II) Dr. rer. nat. I Made Sulandra, M.Si.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Matlab, Penemuan Terbimbing, Fungsi Kuadrat.

Fungsi kuadrat merupakan salah satu materi matematika yang dibahas di kelas X. Hasil tes pendahuluan yang dilakukan di SMKN 1 Sumenep menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap materi dasar fungsi kuadrat masih rendah. Hal ini terjadi karena pembelajaran di kelas lebih didominasi oleh guru tanpa peran aktif dari siswa, dan kurangnya media pembelajaran yang digunakan untuk membantu pembelajaran fungsi kuadrat. Sehingga diperlukan model pembelajaran dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam pembelajaran fungsi kuadrat. Penemuan terbimbing merupakan model pembelajaran yang mendorong siswa untuk menemukan konsep secara mandiri dengan arahan dan petunjuk guru, sehingga siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Matlab merupakan salah satu Software yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi fungsi kuadrat, karena Matlab dapat menampilkan grafik dan perhitungan-perthitungan terkait. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran fungsi kuadrat berbantuan matlab yang bercirikan penemuan terbimbing untuk siswa SMK yang valid, praktis dan efektif.

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang diambil dari model Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974) dan dimodifikasi menjadi 3 tahap dari 4 tahapan aslinya yaitu: (1) pendefinisian, (2) perancangan, dan (3) pengembangan. Subjek uji coba dalam pengembangan ini adalah siswa kelas X-TKI 1 di SMKN 1 Sumenep.

Hasil penelitian ini berupa hasil validasi media pembelajaran, RPP, dan tes penguasaan materi diperoleh skor rata-rata untuk semua aspek secara berturut-turut yaitu 3,05; 3,1; dan 3,1 sehingga memenuhi kriteria kevalidan yang telah ditetapkan. Hasil uji coba lapangan yang dilakukan di SMKN 1 Sumenep skor rata-rata kepraktisan yang diperoleh dari observasi keterlaksanaan penggunaan media pembelajaran adalah 3,5 sehingga memenuhi kriteria kepraktisan yang telah ditetapkan. Hasil keefektifan media pembelajaran dikatakan efektif karena hasil observasi dari aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah 3,3 sehingga untuk semua aspek indikator memenuhi kriteria tinggi, Hasil tes penguasaan materi menunjukkan bahwa 90% dari siswa memenuhi ketuntasan belajar, dan 83,75% siswa memberikan respon positif terhadap media pembelajaran yang digunakan.

ABSTRACT

Izzati, Arini Rabbi. 2016. Development of Learning Media Quadratic Function by Matlab with Characterized Guided Discovery for SMK Students. Thesis. Departement of Mathematics Education, Post Graduate, State University of Malang. Advisors: (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc; (II) Dr. rer. nat. I Made Sulandra, M.Si.

Keywords: Matlab Learning Media, Guided Discovery, Quadratic Function.

Quadratic function is one of the mathematic material discussed in grade X, the result of preliminary test in SMK 1 Sumenep shows that the understanding of students about the basic material of a quadratic function is still low. This happened because of the learning in classroom is dominated by teachers without the active participation from the students, and without the media can be use to help learning quadratic functions. Matlab is a software that can be used in quadratic function because Matlab can show the graphs. So, the development of learning media quadratic function by matlab with characterized guided discovery need to developed.

The purpose of the development this media is to produce learning media quadratic function by matlab with characterized guided discovery for SMK students are valid, practical, and effective. This development only use three stages of four stages developed model by Thiagarajan, Semmel and Semmel (1974), that are: (1) definition, (2) design, and (3) development. Trial subject in this development is the students of class X-TKI 1 in SMK 1 Sumenep.

Based on the results of the validation of learning media, lesson plans, and control test show the average score for all aspects in a row is 3,05; 3,1; and 3,1 so the instrument is valid. The result of the trial in SMK 1 Sumenep show the average score practical by observation implementation about the using learning media is 3,5 so that it can fill the criteria of practicality that has been set. As for the results of the effectiveness of the learning media can be said effective because the result of observation from student activity in learning is 3,3 so for all aspects of the indicators is in high criteria, while the result of control test show 90% of students completeness the learning, and 83,75% the students give the respond positively to the learning media used.ABSTRACT

 

Izzati, Arini Rabbi. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Fungsi Kuadrat Berbantuan Matlab Bercirikan Penemuan Terbimbing untuk Siswa SMK. Tesis, Prodi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc. (II) Dr. rer. nat. I Made Sulandra, M.Si.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Matlab, Penemuan Terbimbing, Fungsi Kuadrat.

Fungsi kuadrat merupakan salah satu materi matematika yang dibahas di kelas X. Hasil tes pendahuluan yang dilakukan di SMKN 1 Sumenep menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap materi dasar fungsi kuadrat masih rendah. Hal ini terjadi karena pembelajaran di kelas lebih didominasi oleh guru tanpa peran aktif dari siswa, dan kurangnya media pembelajaran yang digunakan untuk membantu pembelajaran fungsi kuadrat. Sehingga diperlukan model pembelajaran dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam pembelajaran fungsi kuadrat. Penemuan terbimbing merupakan model pembelajaran yang mendorong siswa untuk menemukan konsep secara mandiri dengan arahan dan petunjuk guru, sehingga siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Matlab merupakan salah satu Software yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi fungsi kuadrat, karena Matlab dapat menampilkan grafik dan perhitungan-perthitungan terkait. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran fungsi kuadrat berbantuan matlab yang bercirikan penemuan terbimbing untuk siswa SMK yang valid, praktis dan efektif.

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang diambil dari model Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974) dan dimodifikasi menjadi 3 tahap dari 4 tahapan aslinya yaitu: (1) pendefinisian, (2) perancangan, dan (3) pengembangan. Subjek uji coba dalam pengembangan ini adalah siswa kelas X-TKI 1 di SMKN 1 Sumenep.

Hasil penelitian ini berupa hasil validasi media pembelajaran, RPP, dan tes penguasaan materi diperoleh skor rata-rata untuk semua aspek secara berturut-turut yaitu 3,05; 3,1; dan 3,1 sehingga memenuhi kriteria kevalidan yang telah ditetapkan. Hasil uji coba lapangan yang dilakukan di SMKN 1 Sumenep skor rata-rata kepraktisan yang diperoleh dari observasi keterlaksanaan penggunaan media pembelajaran adalah 3,5 sehingga memenuhi kriteria kepraktisan yang telah ditetapkan. Hasil keefektifan media pembelajaran dikatakan efektif karena hasil observasi dari aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah 3,3 sehingga untuk semua aspek indikator memenuhi kriteria tinggi, Hasil tes penguasaan materi menunjukkan bahwa 90% dari siswa memenuhi ketuntasan belajar, dan 83,75% siswa memberikan respon positif terhadap media pembelajaran yang digunakan.

ABSTRACT

Izzati, Arini Rabbi. 2016. Development of Learning Media Quadratic Function by Matlab with Characterized Guided Discovery for SMK Students. Thesis. Departement of Mathematics Education, Post Graduate, State University of Malang. Advisors: (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc; (II) Dr. rer. nat. I Made Sulandra, M.Si.

Keywords: Matlab Learning Media, Guided Discovery, Quadratic Function.

Quadratic function is one of the mathematic material discussed in grade X, the result of preliminary test in SMK 1 Sumenep shows that the understanding of students about the basic material of a quadratic function is still low. This happened because of the learning in classroom is dominated by teachers without the active participation from the students, and without the media can be use to help learning quadratic functions. Matlab is a software that can be used in quadratic function because Matlab can show the graphs. So, the development of learning media quadratic function by matlab with characterized guided discovery need to developed.

The purpose of the development this media is to produce learning media quadratic function by matlab with characterized guided discovery for SMK students are valid, practical, and effective. This development only use three stages of four stages developed model by Thiagarajan, Semmel and Semmel (1974), that are: (1) definition, (2) design, and (3) development. Trial subject in this development is the students of class X-TKI 1 in SMK 1 Sumenep.

Based on the results of the validation of learning media, lesson plans, and control test show the average score for all aspects in a row is 3,05; 3,1; and 3,1 so the instrument is valid. The result of the trial in SMK 1 Sumenep show the average score practical by observation implementation about the using learning media is 3,5 so that it can fill the criteria of practicality that has been set. As for the results of the effectiveness of the learning media can be said effective because the result of observation from student activity in learning is 3,3 so for all aspects of the indicators is in high criteria, while the result of control test show 90% of students completeness the learning, and 83,75% the students give the respond positively to the learning media used.ABSTRACT

 

Izzati, Arini Rabbi. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Fungsi Kuadrat Berbantuan Matlab Bercirikan Penemuan Terbimbing untuk Siswa SMK. Tesis, Prodi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc. (II) Dr. rer. nat. I Made Sulandra, M.Si.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Matlab, Penemuan Terbimbing, Fungsi Kuadrat.

Fungsi kuadrat merupakan salah satu materi matematika yang dibahas di kelas X. Hasil tes pendahuluan yang dilakukan di SMKN 1 Sumenep menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap materi dasar fungsi kuadrat masih rendah. Hal ini terjadi karena pembelajaran di kelas lebih didominasi oleh guru tanpa peran aktif dari siswa, dan kurangnya media pembelajaran yang digunakan untuk membantu pembelajaran fungsi kuadrat. Sehingga diperlukan model pembelajaran dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam pembelajaran fungsi kuadrat. Penemuan terbimbing merupakan model pembelajaran yang mendorong siswa untuk menemukan konsep secara mandiri dengan arahan dan petunjuk guru, sehingga siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Matlab merupakan salah satu Software yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi fungsi kuadrat, karena Matlab dapat menampilkan grafik dan perhitungan-perthitungan terkait. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran fungsi kuadrat berbantuan matlab yang bercirikan penemuan terbimbing untuk siswa SMK yang valid, praktis dan efektif.

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang diambil dari model Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974) dan dimodifikasi menjadi 3 tahap dari 4 tahapan aslinya yaitu: (1) pendefinisian, (2) perancangan, dan (3) pengembangan. Subjek uji coba dalam pengembangan ini adalah siswa kelas X-TKI 1 di SMKN 1 Sumenep.

Hasil penelitian ini berupa hasil validasi media pembelajaran, RPP, dan tes penguasaan materi diperoleh skor rata-rata untuk semua aspek secara berturut-turut yaitu 3,05; 3,1; dan 3,1 sehingga memenuhi kriteria kevalidan yang telah ditetapkan. Hasil uji coba lapangan yang dilakukan di SMKN 1 Sumenep skor rata-rata kepraktisan yang diperoleh dari observasi keterlaksanaan penggunaan media pembelajaran adalah 3,5 sehingga memenuhi kriteria kepraktisan yang telah ditetapkan. Hasil keefektifan media pembelajaran dikatakan efektif karena hasil observasi dari aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah 3,3 sehingga untuk semua aspek indikator memenuhi kriteria tinggi, Hasil tes penguasaan materi menunjukkan bahwa 90% dari siswa memenuhi ketuntasan belajar, dan 83,75% siswa memberikan respon positif terhadap media pembelajaran yang digunakan.

ABSTRACT

Izzati, Arini Rabbi. 2016. Development of Learning Media Quadratic Function by Matlab with Characterized Guided Discovery for SMK Students. Thesis. Departement of Mathematics Education, Post Graduate, State University of Malang. Advisors: (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc; (II) Dr. rer. nat. I Made Sulandra, M.Si.

Keywords: Matlab Learning Media, Guided Discovery, Quadratic Function.

Quadratic function is one of the mathematic material discussed in grade X, the result of preliminary test in SMK 1 Sumenep shows that the understanding of students about the basic material of a quadratic function is still low. This happened because of the learning in classroom is dominated by teachers without the active participation from the students, and without the media can be use to help learning quadratic functions. Matlab is a software that can be used in quadratic function because Matlab can show the graphs. So, the development of learning media quadratic function by matlab with characterized guided discovery need to developed.

The purpose of the development this media is to produce learning media quadratic function by matlab with characterized guided discovery for SMK students are valid, practical, and effective. This development only use three stages of four stages developed model by Thiagarajan, Semmel and Semmel (1974), that are: (1) definition, (2) design, and (3) development. Trial subject in this development is the students of class X-TKI 1 in SMK 1 Sumenep.

Based on the results of the validation of learning media, lesson plans, and control test show the average score for all aspects in a row is 3,05; 3,1; and 3,1 so the instrument is valid. The result of the trial in SMK 1 Sumenep show the average score practical by observation implementation about the using learning media is 3,5 so that it can fill the criteria of practicality that has been set. As for the results of the effectiveness of the learning media can be said effective because the result of observation from student activity in learning is 3,3 so for all aspects of the indicators is in high criteria, while the result of control test show 90% of students completeness the learning, and 83,75% the students give the respond positively to the learning media used.