DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Fungsi Kuadrat Berbantuan Matlab Bercirikan Penemuan Terbimbing untuk Siswa SMK

Arini Rabbi Izzati

Abstrak


ABSTRACT

 

Pengembangan Media Pembelajaran Fungsi Kuadrat Berbantuan Matlab Bercirikan Penemuan Terbimbing untuk Siswa SMK

Fungsi kuadrat merupakan salah satu materi matematika yang dibahas di kelas X. Hasil tes pendahuluan yang dilakukan di SMKN 1 Sumenep menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap materi dasar fungsi kuadrat masih rendah. Hal ini terjadi karena pembelajaran di kelas lebih didominasi oleh guru tanpa peran aktif dari siswa, dan kurangnya media pembelajaran yang digunakan untuk membantu pembelajaran fungsi kuadrat. Sehingga diperlukan model pembelajaran dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam pembelajaran fungsi kuadrat. Penemuan terbimbing merupakan model pembelajaran yang mendorong siswa untuk menemukan konsep secara mandiri dengan arahan dan petunjuk guru, sehingga siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Matlab merupakan salah satu Software yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi fungsi kuadrat, karena Matlab dapat menampilkan grafik dan perhitungan-perthitungan terkait. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran fungsi kuadrat berbantuan matlab yang bercirikan penemuan terbimbing untuk siswa SMK yang valid, praktis dan efektif.

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang diambil dari model Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974) dan dimodifikasi menjadi 3 tahap dari 4 tahapan aslinya yaitu: (1) pendefinisian, (2) perancangan, dan (3) pengembangan. Subjek uji coba dalam pengembangan ini adalah siswa kelas X-TKI 1 di SMKN 1 Sumenep.

 

Hasil penelitian ini berupa hasil validasi media pembelajaran, RPP, dan tes penguasaan materi diperoleh skor rata-rata untuk semua aspek secara berturut-turut yaitu 3,05; 3,1; dan 3,1 sehingga memenuhi kriteria kevalidan yang telah ditetapkan. Hasil uji coba lapangan yang dilakukan di SMKN 1 Sumenep skor rata-rata kepraktisan yang diperoleh dari observasi keterlaksanaan penggunaan media pembelajaran adalah 3,5 sehingga memenuhi kriteria kepraktisan yang telah ditetapkan. Hasil keefektifan media pembelajaran dikatakan efektif karena hasil observasi dari aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah 3,3 sehingga untuk semua aspek indikator memenuhi kriteria tinggi, Hasil tes penguasaan materi menunjukkan bahwa 90% dari siswa memenuhi ketuntasan belajar, dan 83,75% siswa memberikan respon positif terhadap media pembelajaran yang digunakan.