DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Flipped Mastery Classroom terhadap Perolehan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa

Muhammad . Ridha

Abstrak


ABSTRACT

 

Ridha, Muhammad. Pengaruh Flipped Mastery Classroom Terhadap Perolehan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Tesis. Program Studi Magister Teknologi Pembelajaran. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari, M.Pd.,M.Ed., (II) Dr. H. Dedi Kuswandi, M.Pd

Kata Kunci: Belajar Kognitif, Flipped Mastery Classroom, Strategi Pembelajaran

Strategi pembelajaran merupakan komponen yang sangat penting dalam pembelajaran terutama dalam menentukan perolehan hasil belajar kognitif. Strategi pembelajaran merupakan suatu cara tertentu yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi flipped mastery classroom terhadap perolehan hasil belajar kognitif mahasiswa pada mata kuliah psikologi pendidikan yang dibandingkan dengan strategi tradisional.

Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) Non Equivalent Control Group Design. Rancangan penelitian ini juga menggunakan kelompok utuh (Intact Group). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Teknologi pendidikan Universitas Negeri Malang semester genap tahun ajaran 2015/2016 ,yaitu kelas B sebagai kelas eksperimen dan kelas C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data meliputi metode tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas data dengan menggunakan uji statistic kolmogorov-smirnov, uji homogenitas data dengan menggunakan uji levene-test dan uji-t.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien rata-rata masing-masing kelompok eksperimen dan kontrol setelah dan sebelum diberikan perlakuan berbeda secara signifikan pada probabilitas 0.05, yaitu : 1) perbedaan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 37.828 dengan besarnya koefisien p-value sebesar (0.000 < 0.05) , 2) perbedaan rata-rata untuk kelompok kontrol sebesar 8.565 dengan besarnya koefisien p-value sebesar (0.003 < 0.05). Perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah signifikan pada taraf signifikansi 0.05 dengan besar mean yaitu 29.261. Dengan kata lain, bermakna bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi flipped mastery classroom memberikan pengaruh positif terhadap perolehan hasil belajar kognitif mahasiswa. Perolehan hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi strategi flipped mastery classroom lebih tinggi secara signifikan dari pada perolehan rata-rata hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi tradisional sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi flipped mastery classroom lebih efektif daripada strategi tradisional pada pembelajaran ranah kognitif mata kuliah psikologi pendidikan.