DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENYESUAIAN DIRI DI LINGKUNGAN KERJA MENGGUNAKAN METODE STRUCTURED LEARNING APPROACH (SLA) BAGI SISWA SMK

Leny Latifah

Abstrak


ABSTRACT

 

Latifah, Leny. 2016. Pengembangan Buku Panduan Pelatihan Penyesuaian Diri

di Lingkungan Kerja Menggunakan Metode Structured Learning

Approach (SLA) Bagi Siswa SMK. Tesis. Program Studi Bimbingan dan

Konseling, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (I) Dr. H. Adi Atmoko, M.Si., (II) Prof. Dr. Fattah

Hanurawan, M.Si., M.Ed.

Kata kunci: Panduan pelatihan, penyesuaian diri di lingkungan kerja, Structured

Learning Approach (SLA)

Tuntutan organisasi terhadap tenaga kerja yang semakin hari semakin

tinggi membuat siswa SMK harus menyesuaikan diri terhadap situasi perubahan.

Tujuan penelitian pengembangan ini menghasilkan buku panduan pelatihan

penyesuaian diri di lingkungan kerja bagi konselor dan siswa.

Penelitian mengadaptasi rancangan pengembangan Borg & Gall (1983)

dan Dick & Carey (1990) yang meliputi; (1) análisis kebutuhan, (2) perencanaan,

(3) pengembangan produk awal, (4) perancangan dan pelaksanaan evaluasi

formatif, serta (5) revisi produk akhir. Sedangkan uji efektifitas dilakukan dengan

one group pretest posttest. Subjek penelitian yaitu 11 siswa SMK PGRI Pakisaji

Malang kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran. Instrumen menggunakan

skala penyesuaian diri di lingkungan kerja dengan validitas butir ≥ 0,3 dan

reliabilitas alpha Cronbach 0,882.

Hasil penelitian (1) buku panduan pelatihan penyesuaian diri di

lingkungan kerja yang dikembangkan telah memenuhi kriteria akseptabilitas dari

uji ahli, dan (2) telah efektif meningkatkan penyesuaian diri siswa di lingkungan

kerja.

Saran; (1) konselor perlu memberikan pelatihan penyesuaian diri di

lingkungan kerja terhadap siswa sebagai layanan responsif dan preventif, dengan

melakukan evaluasi serta supervisi, (2) pihak sekolah perlu mendukung program

pelatihan penyesuaian diri di lingkungan kerja dengan menyediakan fasilitas yang

memadai, dan (3) peneliti selanjutnya dapat memperluas subjek penelitian

terhadap siswa SMA, karena terdapat siswa SMA yang memilih bekerja setelah

 

lulus.