DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Komik Program Kawasan Rumah Pangan Lestari untuk Mendukung Pembelajaran berbasis Role Playing Dipadu Group Investigation sebagai Upaya dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif, Keterampilan, dan Sikap Sosial Siswa Kelas IV SD Islam Moh. Hatta.

VINDRI CATUR PUTRI WULANDARI

Abstrak


ABSTRACT

 

Wulandari, Vindri Catur Putri. 2016. Pengembangan Komik Program Kawasan Rumah Pangan Lestari untuk Mendukung Pembelajaran berbasis Role Playing Dipadu Group Investigation sebagai Upaya dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif, Keterampilan, dan Sikap Sosial Siswa Kelas IV SD Islam Moh. Hatta. Tesis, Jurusan Biologi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar, M. S, (II) Prof. Dr. Ir. Suhadi, M.Si.

Kata kunci: komik, program KRPL, kemampuan kognitif, keterampilan proses, dan sikap sosial

Proses pembelajaran menjadi berkualitas dengan adanya media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran tersebut adalah komik. Komik program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang dikembangkan berisi informasi untuk menambah pengetahuan siswa dan mengembangkan keterampilan serta sikap sosial siswa. Komik ini diterapkan pada siswa kelas IV dengan model pembelajaran role playing dipadu group investigation. Penelitian ini bertujuan (1) menyusun komik program KRPL, (2) menguji kelayakan komik program KRPL, (3) menguji kepraktisan komik program KRPL, dan (4) menguji keefektifan komik program KRPL untuk mendukung pembelajaran berbasis role playing dan group investigation sebagai upaya dalam mengembangkan kemampuan kognitif, keterampilan proses, dan sikap sosial siswa kelas IV SD Islam Moh. Hatta Malang.

Model penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi dari model ADDIE yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate. Penelitian ini dilakukan selama 4 pertemuan. Subjek coba terdiri dari ahli media, ahli materi, praktisi pendidikan dan siswa kelas IV SD Islam Moh. Hatta. Tingkat validitas komik program KRPL oleh ahli media, ahli materi, praktisi pendidikan dan kelompok kecil berturut-turut yaitu 82,3%, 87,2%, 81,3%, dan 89,8%.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran pembelajaran role playing dipadu group investigation berbantuan komik oleh guru dan siswa sebesar 95,0%. Rerata kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan yaitu dari 75,15 menjadi 81,10. Hasil keterampilan proses diamati selama 3 kali dan mengalami peningkatan disetiap pertemuannya berturut-turut sebesar 82,0%, 84,8%, dan 86,5%. Hasil sikap sosial siswa yaitu 83,2% menjadi 87,1%. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa komik program KRPL untuk mendukung pembelajaran berbasis role playing dipadu group investigation dapat mengembangkan kemampuan kognitif, keterampilan proses, dan sikap sosial siswa kelas IV SD Islam Moh. Hatta Malang. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan komik dengan materi lain.