DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Bakat Desain Grafis dan Kreativitas Melalui Motivasi Intrinsik Terhadap Penguasaan Kompetensi Keterampilan Pengolahan Citra Digital Siswa SMK Paket Keahlian Multimedia

Ratri Martyasari

Abstrak


ABSTRACT

 

Martyasari, Ratri. 2016. Kontribusi Bakat Desain Grafis dan Kreativitas Melalui

Motivasi Intrinsik Terhadap Penguasaan Kompetensi Keterampilan

Pengolahan Citra Digital Siswa SMK Paket Keahlian Multimedia. Tesis,

Program Studi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri

Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hary Suswanto, S.T, M.T, (2) Dr. Hj.

Sukarnati, MM.

Kata Kunci: SMK, kompetensi, bakat, kreativitas, motivasi intrinsik.

Faktor internal yang dapat menunjang kompetensi siswa yaitu bakat, kreativitas,

dan motivasi intrinsik. Bakat merupakan kemampuan bawaan sejak lahir yang

membutuhkan latihan, pengalaman, dan motivasi untuk mengembangkannya. Bakat desain

grafis termasuk dalam bakat abstrak, dapat diketahui dengan melalui tes bakat penalaran

abstrak. Motivasi intrinsik lebih berpengaruh terhadap kreativitas dibanding dengan

ekstrinsik. Siswa yang termotivasi secara intrinsik memiliki keinginan untuk maju dan

mengembangkan kreativitas yang dimiliki. Bakat dan kreativitas dibutuhkan dalam

membuat suatu desain terutama pada mata pelajaran pengolahan citra digital SMK.

Kompetensi keterampilan diperoleh dari proses belajar siswa pada saat praktikum. Tujuan

dari penelitian ini untuk mengetahui kontribusi antara bakat desain grafis dan kreativitas

terhadap motivasi intrinsik serta kontribusi bakat desain grafis, kreativitas, dan motivasi

intrinsik terhadap penguasaan kompetensi keterampilan.

Populasi pada penelitian ini yaitu SMK Negeri 5 Malang, SMK Negeri 10 Malang,

dan SMK Negeri 11 Malang dengan jumlah 356 dan diperoleh sampel 150 dengan

menggunakan metode proportional random sampling. Rancangan penelitian menggunakan

path analisys, yaitu digunakan untuk melihat kontribusi pada jalur antar variabel bebas dan

terikatnya. Motivasi intrinsik selain sebagai variabel terikat, juga sebaggai variabel bebas

terhadap kompetensi. Sebelum melakukan analisis path, melalui uji prasyarat yaitu uji

normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas.

Hasil analisis sub struktur 1 yaitu: 1) bakat desain grafis berkontribusi secara

langsung terhadap motivasi intrinsik sebesar 0,233 dengan signifikansi 0,001; 2) kreativitas

berkontribusi secara langsing terhadap motivasi intrinsik sebesar 0,533 dengan signifikansi

0,000; bakat desain grafis dan kreativitas berkontribusi secara langsung terhadap motivasi

intrinsik sebesar 0,449. Sedangkan hasil sub struktur 2 yaitu: 1) bakat desain grafis

berkontribusi secara langsung terhadap kompetensi sebesar 0,286 dengan signifikansi

0,000; 2) kreativitas berkontribusi secara langsung terhadap kompetensi sebesar 0,223

dengan signifikansi 0,015; 3) motivasi intrinsik berkontribusi secara langsung terhadap

kompetensi sebesar 0,186 dengan signifikansi 0,044. Kesimpulannya yaitu 1) terdapat

kontribusi yang signifikan antara bakat desain grafis terhadap motivasi intrinsik; 2) terdapat

kontribusi yang signifikan antara kreativitas terhadap motivasi intrinsik; 3) terdapat

kontribusi yang signifikan antara bakat desain grafis terhadap penguasaan kompetensi; 4)

terdapat kontribusi yang signifikan antara kreativitas terhadap penguasaan kompetensi; dan

5) terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi intrinsik terhadap penguasaan

 

kompetensi.