DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Pengetahuan Kewirausahan, Kreativitas, dan Pengalaman Prakerin Terhadap Pola Pikir Wirausaha Pada Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Kabupaten Nganjuk

Lia Nur Enis Ratna Wijayanti

Abstrak


ABSTRACT

 

Wijayanti, Lia Nur Enis Ratna. 2016. Kontribusi Pengetahuan Kewirausahan, Kreativitas, dan Pengalaman Prakerin Terhadap Pola Pikir Wirausaha Pada Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Kabupaten Nganjuk. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Tri Atmadji Sutikno, M.Pd., (2) Dr. Hj. Sukarnati, M.M.

Kata Kunci: pengetahuan kewirausahaan, kreativitas, pengalaman prakerin, pola pikir wirausaha, dan kesiapan berwirausaha.

Pendidikan kejuruan khususnya SMK menjadi pilar utama dalam pengembangan dan penyediaan tenaga terampil tingkat menengah (skill worker). Namun kenyataannya lulusan SMK merupakan penyumbang terbesar tingkat pengangguran di Indonesia pada tahun 2015, yaitu 9,05% (BPS, 2015). Syarat negara makmur adalah jika jumlah penduduknya minimal 2% berprofesi sebagai wirausaha (Frinces, 2011:4). Tapi di Indonesia masih berjumlah 1,6% (Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, 2016). Salah satu solusi yang dapat ditempuh adalah dengan mempersiapkan lulusan SMK sebagai wirausaha muda, karena telah dibekali satu keahlian tertentu. Langkah utama yang dapat ditempuh adalah dengan merubah pola pikir dari pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan kerja (job creator). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pengetahuan kewirausahaan, kreativitas, dan pengalaman prakerin, terhadap pola pikir wirausaha serta dampaknya pada kesiapan berwirausaha siswa SMK TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) di Kabupaten Nganjuk.  

Rancangan penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengujian analisis jalur (path). Variabel bebas yang digunakan adalah pengetahuan kewirausahaan (X1), kreativitas (X2), dan pengalaman prakerin (X3), kemudian variabel intervening-nya adalah pola pikir wirausaha (Y), dan variabel terikatnya adalah kesiapan berwirausaha (Z). Populasinya siswa kelas XI Tahun Ajaran 2015/2016 di SMK Kabupaten Nganjuk paket keahlian TKJ dan sudah melaksanakan praktek industri. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling dan proportional random sampling, 200 responden dari enam sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tertutup. Analisis data yang digunakan meliputi: deskripsi data, uji prasyarat (1) normalitas; (2) linieritas; (3) multikolinieritas; (4) autokorelasi; dan (5) heterokedastisitas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis jalur, terdiri dari sub struktur pertama dan kedua.

 

Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) pengetahuan kewirausahaan siswa berkontribusi signifikan terhadap pola pikir wirausaha, sebesar 7%; (2) kreativitas siswa berkontribusi signifikan terhadap pola pikir wirausaha, sebesar 4,7%; (3) pengalaman prakerin siswa berkontribusi  signifikan terhadap pola pikir wirausaha, sebesar 12,3%; (4) pengetahuan kewirausahaan, kreativitas dan pengalaman prakerin siswa berkontribusi  signifikan secara simultan terhadap pola pikir wirausaha sebesar 44,7%; (5) pengetahuan kewirausahaan siswa berkontribusi signifikan terhadap kesiapan berwirausaha, sebesar 4%; (6) kreativitas siswa berkontribusi signifikan terhadap kesiapan berwirausaha, sebesar 2,9%; (7) pengalaman prakerin siswa berkontribusi signifikan terhadap kesiapan berwirausaha, sebesar 4,6%; (8) pola pikir wirausaha siswa berkontribusi signifikan terhadap kesiapan berwirausaha, sebesar 12,5%; dan (9) pengetahuan kewirausahaan, kreativitas, pengalaman prakerin, pola pikir wirausaha siswa berkontribusi signifikan secara simultan terhadap kesiapan berwirausaha, sebesar 67,1%.