DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP dengan Media Web Offline

NIKE KUSUMAWATI

Abstrak


ABSTRACT

 

Kusumawati, Nike. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP dengan Media Web Offline. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing; (I) Prof. Dr. Dawud, M.Pd, (II) Dr. Martutik, M.Pd.

Kata kunci: bahan ajar, teks eksplanasi, web offline

Setiap pembelajaran membutuhkan bahan ajar. Bahan ajar diperlukan dalam   proses belajar mengajar. Perkembangan teknologi mengubah karakter siswa menjadi manusia yang tidak dapat lepas dari teknologi. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan ajar yang sesuai dengan karakter siswa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam memahami materi.

Materi teks eksplanasi merupakan teks yang baru diajarkan pada kurikulum 2013, masih sedikit bahan ajar teks eksplanasi selain yang diterbitkan oleh Kemendikbud. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar teks eksplanasi mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP dengan media web offline. Produk ini dikembangkan melalui empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) produksi, (3) validasi, dan (4) uji coba.

Kegiatan perencanaan terdiri atas perencanaan isi dan sajian. Perencanaan isi terdiri atas enam tahap sebagai berikut (1) pengidentifikasian tujuan umum pembelajaran, (2) penganalisisan pembelajaran, (3) pengidentifikasian siswa, (4) perumusan tujuan khusus pembelajaran, (5) pengembangan butir-butir tes, dan (6) penentuan strategi pembelajaran. Kegiatan perencanaan sajian  terdiri atas (1) pengidentifikasian kebutuhan dan sajian bahan ajar, (2) perumusan tujuan, (3) perumusan peta web offline, (4) penentuan perangkat lunak pengembang, (5) pendesainan web offline, dan (6) pengunggahan data.

Kegiatan produksi melalui tiga tahap sebagai berikut (1) penyusunan KD  (Kompetensi Dasar) dan KP (Kegiatan Pembelajaran), (2) penyusunan bahan ajar teks eksplanasi, dan (3) penyusunan sajian bahan ajar teks eksplanasi dengan media web offline. Untuk mengetahui kelayakan produk, dilakukan kegiatan validasi dan uji coba. Kegiatan validasi materi dan bahasa Indonesia dan validasi media pembelajaran. Kegiatan uji coba  adalah uji coba kelas.

Bahan ajar  teks eksplanasi mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP dengan media web offline terdiri atas 4 KD. Keempat KD yang djabarkan dalam bahan ajar tersebut yaitu mengidentifikasi ciri teks eksplanasi, menelaah struktur, aspek kebahasaan, dan isi teks eksplanasi, meringkas isi teks eksplanasi, dan menyajikan informasi dalam bentuk teks eksplanasi.

Bahan ajar telah divalidasi oleh ahli materi dan bahasa Indonesia serta ahli media pembelajaran, praktisi guru Bahasa Indonesia, dan diujicobakan kepada siswa. Hasil dari validasi dan ujicoba menghasilkan produk bahan ajar kompetensi  dasar mengidentifikasi ciri teks eksplanasi terdiri atas kegiatan menyimak teks eksplanasi, menjelaskan gambar, memahami teks eksplanasi, menentukan bagian pernyataan umum dan deretan penjelas, dan membedakan teks eksplanasi dengan teks eksposisi. Kompetensi dasar menelaah struktur, aspek kebahasaan, dan isi teks eksplanasi terdiri atas kegiatan menelaah kelengkapan struktur teks eksplanasi, memahami objek, menyusun kalimat sebab akibat, menentukan kata yang menunjukkan urutan, menelaah aspek kebahasaan, dan menelaah isi teks eksplanasi. Kompetensi dasar meringkas isi teks eksplanasi terdiri atas kegiatan meringkas teks eksplanasi dan meringkas teks eksplanasi dengan membuat peta konsep/diagram. Kompetensi dasar menyajikan informasi terdiri atas kegiatan mengamati video fenomena alam dan sosial untuk dapat menulis teks eksplanasi, dan menyunting teks eksplanasi yang telah dibuat.

Hasil validasi dan uji coba produk menunjukkan bahwa bahan ajar teks eksplanasi mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP dengan media web offline  dapat diimplementasikan meskipun dengan revisi bahan ajar. Validasi materi dan bahasa Indonesia memperoleh nilai 72%. Validasi materi dan bahasa Indonesia terdiri atas komponen isi, penyajian, dan penggunaan bahasa Indonesia. Validasi media pembelajaran memperoleh nilai 83%. Validasi media pembelajaran terdiri atas komponen audio-video, keberterimaan, dan kemasan.

Efektivitas produk diuji melalui uji statistik menggunakan uji beda. Hasil uji beda pemahaman terhadap teks eksplanasi menunjukkan nilai t hitung sebesar

 -16,610 dengan sig 0,000. Hal ini berarti terdapat peningkatan yang signifikan pemahaman siswa terhadap teks eksplanasi.

 

Bahan ajar teks eksplanasi mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan media web offline  memiliki keunggulan dan kelemahan. Keunggulan  bahan ajar ini adalah berdaya serap yang tinggi, lebih menyenangkan dibanding versi cetak, sesuai dengan karakter siswa, berfitur multimedia, dan kuis-kuis yang beraneka ragam. Kelemahan bahan ajar ini adalah mutlak membutuhkan ketersediaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi khususnya komputer ataupun laptop, akses pembelajaran tidak sepenuhnya dapat diatur karena dikembangkan melalui sistem manajemen pembelajaran (Learning Management System [LMS]), dan fitur-fitur LMS tidak sepenuhnya dapat mengakomodasi pengembangan bahan ajar  yang diharapkan peneliti.