DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Varietas Jeruk Pamelo (Citrus maxima) dan Macam Gula terhadap Tebal, Berat dan Kadar Serat dalam Nata De Pamelo sebagai Materi Booklet Penyuluhan bagi Para Petani Jeruk Pamelo di Magetan.

ERNA WIJAYANTI

Abstrak


ABSTRACT

 

Wijayanti, Erna. 2016. Pengaruh Varietas Jeruk Pamelo (Citrus maxima) dan Macam Gula terhadap Tebal, Berat dan Kadar Serat dalam Nata De Pamelo sebagai Materi Booklet Penyuluhan bagi Para Petani Jeruk Pamelo di Magetan. Tesis, Jurusan Biologi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Fatchur Rohman, M. Si, (II) Prof. Dr. Dra. Utami Sri Hastuti, M.Pd.

Kata kunci: varietas jeruk pamelo, macam gula, berat, tebal, kadar serat, booklet

Jeruk pamelo (Citrus maxima) merupakan salah satu buah unggulan di Magetan. Bagian yang dimanfaatkan untuk nata de pamelo ialah daging buah jeruk pamelo. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan tebal, berat, dan kadar serat dalam nata de pamelo berdasarkan variasi varietas jeruk pamelo, Nambangan dan Sri Nyonya, (2) perbedaan tebal, berat dan kadar serat dalam nata de pamelo berdasarkan macam gula, gula pasir, gula aren dan gula siwalan, (3) perbedaan berat nata de pamelo berdasarkan interaksi antara varietas jeruk pamelo dan macam gula, (4) perbedaan tebal nata de pamelo berdasarkan interaksi antara varietas jeruk pamelo dan macam gula, (5) perbedaan kadar serat dalam lapisan nata de pamelo berdasarkan interaksi antara varietas jeruk pamelo dan macam gula,dan (6) menyusun booklet penyuluhan bagi petani jeruk di Magetan berdasarkan hasil penelitian.

Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Juni 2016, di Laboratorium Mikrobiologi FMIPA Universitas Negeri Malang dan Laboratorium Biokimia Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian ini terdiri dari 2 tahap, tahap I:  penelitian eksperimen untuk meneliti perbedaan berat, tebal, dan kadar serat dalam lapisan nata de pamelo berdasarkan varietas jeruk pamelo dan macam gula. Rancangan penelitian eksperimen menggunakan rancangan acak kelompok (RAL), dengan faktorial 2x3 dan diulang sebanyak 4 kali ulangan. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis varian ganda dan dilanjutkan dengan uji BNT 5%. Penelitian tahap II: penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menyusun booklet penyuluhan mengenai pembuatan nata dari jeruk pamelo berdasarkan hasil penelitian. Booklet dikembangkan dengan mengadopsi model pengembangan Hannafin dan Peck (1988). Validasi dilakukan oleh ahli Mikrobiologi, ahli Media Pembelajaran dan para petani jeruk di Magetan untuk validasi keterbacaan booklet.

 

Simpulannya (1) ada perbedaan tebal, berat, dan kadar serat dalam nata de pamelo berdasarkan varietas Nambangan dan Sri Nyonya, (2) ada perbedaan tebal, berat dan kadar serat dalam nata de pamelo berdasarkan gula pasir, gula aren dan gula siwalan, (3) tidak ada perbedaan berat nata de pamelo berdasarkan interaksi antara varietas jeruk pamelo dan macam gula, (4) tidak ada perbedaan tebal nata de pamelo berdasarkan interaksi antara varietas jeruk pamelo dan macam gula, (5) ada perbedaan kadar serat dalam lapisan nata de pamelo berdasarkan interaksi antara varietas jeruk pamelo dan macam gula, dan (6) telah tersusun booklet penyuluhan yang berjudul “Nata de Pamelo, Makanan Kaya Serat yang Menyehatkan” berbasis hasil penelitian.