DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPANINKUIRI TERPIMPINDALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SPIRITUAL, SIKAP SOSIAL, PENGETAHUAN, DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS VII SMPN 18 MALANG

Anna Jarrotul Khoiriyah

Abstrak


ABSTRACT

 

Khoiriyah, Anna Jarrotul. 2016. Penerapan Inkuiri Terpimpindalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan Siswa Kelas VII SMPN 18 Malang. Tesis. Jurusan Penndidikan Biologi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimning: (I) Prof. Dr. Siti Zubaidah, M. Pd., (II) Dr. Istamar Syamsuri, M.Pd.

Kata kunci: Inkuiri terpimpin, Sikap spiritual, Sikap sosial, Pengetahuan, Keterampilan, Penelitian Tindakan Kelas

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas VII H SMPN 18 Malang tahun ajaran 2015-2016, menunjukkan bahwa siswa memiliki rata-rata skor 2,67 dan ketuntasan 64%. Rata-rataskor sikap sosial sebesar 2,70 dan ketuntasan 66% siswa Rata-rata skor keterampilan 72,36 dan ketuntasan 48%.Aspek pengetahuan menunjukkan rata-rata skor sebesar 75,2 dan ketuntasan 64%. Rentang skor sikap 1-4 sedangkan keterampilan dan pengetahuan 0-100. Kurangnya pembiasaan sikap spiritual dan sikap sosial dalam pembelajaran menjadikan rendahnya sikap spiritual. Kurangnya aktifitas dalam melakukan percobaan menyebabkan rendahnya keterampilan siswa dan kurangnya pemahaman konsep siswa menyebabkan rendahnya pengetahuan siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap spiritual, sikap sosial, keterampilan, dan pengetahuan siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran inkuiri terpimpin sebagai usaha untuk meningkatkan sikap spiritual, sikap sosial,  pengetahuan, dan keterampilan siswa. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus. Siklus 1 sebanyak 10 kali pertemuan, dan siklus 2 sebanyak 7 kali pertemuan. Tahap masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data sikap spiritual diperoleh dari angket, sikap sosial dari lembar observasi, data keterampilan dari observasi dan penilaian. kinerja, dan data pengetahuan diperoleh dari tes uraian di akhir siklus

Temuan dari penelitian adalah, pemberian pertanyaan dan arahan spiritual selama proses pembelajaran dapat mengembangkan sikap siswa untuk menyukuri ciptaanNya. Desain pembelajaran yang memungkinkan adanya kolaborasi antar siswa dapat meningkatkan sikap sosial siswa. Aktivitas yang dilakukan siswa saat melakukan percobaan dapat meningkatkan keterampilan siswa. Interpretasi data dengan membaca banyak sumber dapat meningkatkan pemahaman siswa.

Kesimpulan menunjukkan bahwa penerapan inkuiri terpimpin meningkatkan (1) rata-rata sikap spiritual sebesar 16% dan ketuntasan sebesar 23% (2) Rata-rata sikap sosial sebesar 46% dan ketuntasan 52% (3) Rata-rata skor keterampilan sebesar 32 % dan ketuntasan 108% (4) Rata-rata pengetahuan sebesar 13% dan ketuntasan 52%. Saran, penerapan inkuiri terpimpin dalam pembelajaran IPA dapat dilaksanakan guru untuk meningkatkan sikap spiritual, sikap sosial, keterampilan, dan pengetahuan siswa.