DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Program Kawasan Rumah Pangan Lestari melalui Pembelajaran Berbasis Projek sebagai Upaya dalam Mengembangkan Pengetahuan, Sikap Peduli Lingkungan dan Keterampilan Proses Sains Siswa SD Islam Moh. Hatta Malang

Bonny . Timutiasari

Abstrak


ABSTRACT

 

Pengembangan Modul Program Kawasan Rumah Pangan Lestari melalui Pembelajaran Berbasis Projek sebagai Upaya dalam Mengembangkan Pengetahuan, Sikap Peduli Lingkungan dan Keterampilan Proses Sains Siswa SD Islam Moh. Hatta Malang

Timutiasari, Bonny. 2016. Pengembangan Modul Program Kawasan Rumah Pangan Lestari melalui Pembelajaran Berbasis Projek sebagai Upaya dalam Mengembangkan Pengetahuan, Sikap Peduli Lingkungan dan Keterampilan Proses Sains Siswa SD Islam Moh. Hatta Malang. Tesis, Jurusan Biologi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar, M. Si, (II) Prof. Dr. Ir. Suhadi, M.Si.

Kata kunci: modul, program KRPL, pembelajaran berbasis projek, pengetahuan, sikap peduli lingkungan, keterampilan proses sains.

Pendidikan lingkungan yang dilakukan mulai usia dini bertujuan agar terbentuk karakter peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Pendidikan lingkungan dapat diterapkan melalui kegiatan pembelajaran yang kontekstual. melalui kegiatan pembelajaran berbasis projek. Kegiatan pembelajaran ini dailakukan dengan suatu media pembelajaran yang bertujuan untuk mempermudah kegiatan praktik siswa. Hal ini sesuai dengan KD 3.7 dan KD 4.7 yang mengkaji pengetahuan dan keterampilan terkait lingkungan melalui kegiatan praktik. Berdasarkan analisis kebutuhan, dikembangkan media pembelajaran yang menunjang KD 3.7 dam KD 4.7.  Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul program KRPL melalui pembelajaran berbasis projek yang berkualifikasi valid, praktis dan efektif sehingga dapat mengembangkan pengetahuan, sikap peduli lingkungan dan keterampilan proses sains siswa.. Subjek coba terdiri dari ahli media, ahli materi, praktisi pendidikan dan siswa kelas IV SD Islam Moh. Hatta Malang sebagai pengguna produk.

Modul program KRPL ini terdiri dari 3 bagian utama yaitu bagian pendahuluan, isi dan penutup. Hasil validasi yang diperoleh dari para ahli menunjukkan persentase berturut-turut yaitu: (1) 87,50%, (2) 87,80%, (3) 83,75%, (4) 84,67%. Rerata skor pretest dan posttest pengetahuan berturut-turut sebesar 74,30 dan 81,40. Hasil nilai t hitung yang diperoleh dari uji t sebesar -6,385 dengan p sebesar 0,000. Rerata skor sikap peduli lingkungan siswa sebelum dan sesudah pembelajaran berturut-turut sebesar 85,20%, dan 95,04%. Hasil perolehan uji Wilxocon Signed Ranks Test untuk sikap peduli lingkungan sebesar -3,925 dengan p sebesar 0,000. Hasil perolehan rerata skor keterampilan proses sains siswa berturut-turut sebesar 71,75%, 74,32% dan 81,96%.

 

Saran pengembangan modul program KRPL yaitu dapat menjadi inspirasi bagi tenaga pendidik di jenjang pendidikan dan lembaga pendidikan yang berbeda dalam