DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

aden Bambang. Partisipasi Orang Tua dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (Studi Multi Kasus di SDN Mankau, SD Labum, MI Minmatu, dan MI Mikha).

R. Bambang . Sumarsono

Abstrak


ABSTRACT

 

Raden Bambang. Partisipasi Orang Tua dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (Studi Multi Kasus di SDN Mankau, SD Labum, MI Minmatu, dan MI Mikha).

Sumarsono, Raden Bambang. Partisipasi Orang Tua dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (Studi Multi Kasus di SDN Mankau, SD Labum, MI Minmatu, dan MI Mikha). Disertasi. Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Ali Imron, M.Pd, M.Si, (II) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono, (III) Dr. Imron Arifin, M.Pd.

Kata kunci: partisipasi orang tua, mutu pendidikan, sekolah dasar, madrasah ibtidaiyah

Proses penyelenggaraan pendidikan di sekolah, akan bisa berhasil secara optimal, bila didukung oleh beberapa pihak, baik sumber daya yang berasal dari sekolah, orang tua siswa, maupun masyarakat. Partisipasi orang tua dapat dimaknai sebagai keterlibatan secara mental, emosional dan fisik dalam suatu sekolah yang mendorong para orang tua untuk memberikan kontribusi nyata kepada tujuan sekolah dan berbagai tanggung jawab dalam pencapaian tujuan itu. Partisipasi orang tua dirancang untuk menciptakan kemitraan yang memungkinkan untuk kolaborasi yang lebih besar antara rumah dan sekolah dalam rangka  meningkatkan mutu sekolah.

Fokus umum penelitian ini adalah partisipasi orang tua dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah. Secara khusus, fokus penelitian ini diarahkan pada empat hal berikut: (1) aspek partisipasi orang tua dalam meningkatkan mutu pendidikan, (2) ragam bentuk partisipasi orang tua dalam meningkatkan mutu pendidikan, (3) indikator pencapaian mutu pendidikan yang merupakan kontribusi partisipasi orang tua, dan (4) upaya memberdayakan partisipasi orang tua dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengacu pada fenomenologis. Rancangan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah studi multi kasus dengan desain komparatif. Lokasi penelitian dipilih berdasarkan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakukan melalui dua tahap yaitu pertama, analisis kasus individual yang dilakukan dengan menggunakan model alir, dan tahap kedua, dilakukan analisis data lintas kasus. Keabsahan data diperoleh dengan menggunakan tiga kriteria, yaitu derajat kepercayaan (credibility), ketransferan (transferability), dan kepastian (confirmability).

Kesimpulan penelitian ini ada empat rumusan: (1) partisipasi orang tua dalam meningkatkan mutu pendidikan berkaitan dengan aspek pembelajaran, kesiswaan, tenaga kependidikan, pendanaan pendidikan, sarana dan prasarana, dan hubungan masyarakat; pada aspek pembelajaran ialah melalui kegiatan parenting day, kegiatan field trip, sehingga proses dan hasil pembelajaran akan menjadi lebih bermakna dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan; pada aspek kesiswaan melalui berbagai kegiatan yang bernuansa pengembangan akademik dan non-akademik; pada aspek tenaga kependidikan, berlangsung melalui kegiatan pelatihan dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam pembelajaran yang mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan; aspek sarana dan prasarana melalui upaya peningkatan sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran; pada aspek hubungan masyarakat melalui pengembangan jalinan kerjasama yang saling menguntungkan antara sekolah dan orang tua; dan pada aspek keuangan dalam hal penggalangan pendanaan atau pembiayaan pendidikan; (2) partisipasi orang tua dalam meningkatkan mutu pendidikan berbentuk fisik dan non-fisik; bentuk fisik partisipasi orang tua  dalam meningkatkan mutu pendidikan berkaitan dengan sumbangan tenaga, sumbangan pembangunan gedung sekolah, membantu pengadaan sarana dan prasarana penujang pembelajaran, dan penggalangan pendanaan pendidikan; bentuk partisipasi orang tua dalam meningkatkan mutu pendidikan berupa non-fisik sebagai nara sumber, memberikan ide, gagasan, saran ataupun kritikan baik melalui komite, paguyuban bahkan secara individu terhadap pelaksanaan kegiatan program sekolah, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan kegiatan pengevaluasian yang berkaitan langsung dengan program sekolah maupun aktivitas pendukung penyelenggaraan program sekolah; (3) indikator pencapaian mutu pendidikan yang merupakan kontribusi dari partisipasi orang tua meliputi prestasi non-akademik melalui kegiatan ekstrakurikuler, proses pembelajaran, dan kondisi sekolah/madrasah; dan (4) upaya memberdayakan partisipasi orang tua dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui pembuatan program sekolah/ madrasah yang menarik dan bermanfaat bagi orang tua; pengelolaan keuangan secara transparan serta penerapan prinsip akuntabilitas; peningkatan prestasi akademik dan non-akademik; peningkatan kualitas layanan sekolah/madrasah; peningkatan intensitas jalinan komunikasi antara sekolah dan orang tua baik secara perorangan maupun secara organisatoris; dan pelibatan orang tua dalam merencanakan, melaksanakan, dan evaluasi program sekolah/madrasah.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini diberikan saran kepada: (1) Kepala Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Kota Bunga, hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan dalam: memetakan mutu sekolah/madrasah di luar keempat sekolah dasar atau madrasah ibdtidaiyah yang diteliti; penyelenggaraan berbagai macam program kegiatan pembinaan; dan meningkatkan kinerja sekolah/madrasah di lingkungan kerjanya ke arah yang lebih baik lagi; (2) Kepala SDN Mankau, SD Labum, MI Minmatu, dan MI Mikha, dapat menggunakan sebagai bahan masukan dan evaluasi dalam peningkatan mutu dengan mengintensifkan lagi bentuk-bentuk partisipasi orang tua; (3) komite sekolah/ madrasah, paguyuban, dan orang tua agar dapat lebih memahami serta lebih aktif dan kreatif lagi dalam menduk