DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Pembelajaran Community of Inquiry (CoI) Berbantuan Blended Learning pada Materi Distilasi terhadap Pemahaman Konsep dan Partisipasi Mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang

Effa Rachma Pratiwi

Abstrak


ABSTRACT

 

Pratiwi, Effa Rachma. 2016. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Community of

Inquiry (CoI) Berbantuan Blended Learning pada Materi Distilasi terhadap

Pemahaman Konsep dan Partisipasi Mahasiswa Jurusan Kimia Universitas

Negeri Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia, Program

Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Surjani

Wonorahardjo, Ph.D, (II) Dr. Munzil Arief, S.Pd., M.Si

Kata Kunci: Community of Inquiry, Blended Learning, Distilasi, Pemahaman

Konsep, Partisipasi

Masalah pembelajaran kimia pada materi distilasi di tingkat perguruan

tinggi adalah pemahaman konsep yang rendah tentang kesetimbangan uap-cair,

hukum gas ideal, dan titik didih. Untuk memahami konsep tersebut, maka

diperlukan penggunaan multimedia dan belajar aktif baik secara mandiri ataupun

berkolaborasi melalui partisipasi berbagai kegiatan belajar. Penerapan

pembelajaran CoI berbantuan blended learning diharapkan dapat meningkatkan

interaksi mahasiswa dengan teman sebaya dan pengajar. Tujuan penelitian ini

adalah mendeskripsikan kualitas proses pembelajaran CoI berbantuan blended

learning pada materi distilasi ditinjau dari penilaian setiap fase CoI sehingga

dapat mendeskripsikan pemahaman konsep mahasiswa Jurusan Kimia UM

tentang materi distilasi.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperimental dengan

one shot case study. Subjek yang digunakan adalah satu kelas mahasiswa semester

IV program studi S1 Kimia UM Tahun Akademik 2014/2015. Instrumen

pengukuran yang digunakan adalah tes pemahaman konsep, rubrik partisipasi

tatap muka dan partisipasi online mahasiswa, dan angket persepsi pembelajaran

CoI. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif untuk

menjabarkan pemahaman konsep dan kualitas proses pembelajaran CoI

berbantuan blended learning.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsistensi rata-rata jumlah

pertanyaan dan jumlah mahasiswa dalam kelompok tinggi dan rendah pada fase

triggering event, konsistensi rata-rata jumlah interaksi (chat) dan jumlah

mahasiswa dalam kelompok tinggi dan rendah pada fase exploration, rata-rata

nilai fase integration yang tinggi dan jumlah mahasiswa dalam kelompok tinggi,

serta rata-rata nilai fase application yang sangat tinggi dan jumlah mahasiswa

dalam kelompok tinggi yang menunjukkan baiknya kualitas proses pembelajaran

CoI berbantuan blended learning. Nilai pemahaman konsep distilasi yang diukur

dengan tes akhir mewakili pemahaman konsep yang dibangun saat pembelajaran

 

CoI dilakukan dengan dibuktikan dari nilai tes akhir dan penilaian setiap fase CoI. ktif.