DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH KIMIA ORGANIK I DAN EFEKTIVITASNYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Mohammad Arfi Setiawan

Abstrak


ABSTRACT

 

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH KIMIA ORGANIK I DAN EFEKTIVITASNYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Ilmu kimia merupakan cabang dari sains yang mempelajari tentang

struktur, sifat, dan perubahan materi serta energi yang menyertainya. Materi yang

dipelajari dalam ilmu kimia secara umum berhubungan dengan struktur senyawa

dan konsep-konsep yang abstrak. Pembelajaran kimia membutuhkan penggunaan

representasi tingkat makroskopis, submikroskopis, dan simbolik. Ketiga

representasi tersebut tidak bisa ditampilkan secara maksimal dalam bahan ajar

cetak. Kekurangan tersebut dapat diatasi dengan memasukkan media penunjang

seperti animasi dan video ke dalam bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah

untuk menghasilkan bahan ajar multimedia yang layak dan efektif untuk

diaplikasikan pada mata kuliah Kimia Organik I khususnya untuk materi analisis

unsur penyusun senyawa organik, ikatan dan struktur Lewis, resonansi, dan

struktur senyawa organik.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan di

Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas

Negeri Malang. Rancangan pengembangan yang digunakan pada penelitian ini

adalah model Huang yang membagi tahap pengembangan menjadi lima, yaitu (1)

tahap Understanding, (2) tahap Design, (3) tahap Build, (4) tahap Test, dan (5)

tahap Improve. Produk pengembangan divalidasi pada tahap Build. Desain

penelitian untuk menguji efektivitas berupa eksperimen semu dengan 60

mahasiswa sebagai sampel. Data penelitian dianalisis dengan membandingkan

hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol menggunakan uji t. Instrumen

penelitian berupa soal tes pemahaman dan angket persepsi mahasiswa terhadap

bahan ajar multimedia. Reliabilitas instrumen soal dan angket persepsi berturut-

turut sebesar 0,626 dan 0,881.

Hasil penelitian pengembangan adalah bahan ajar multimedia dengan tipe

file .exe yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran level mahasiswa.

Pembelajaran yang dapat menggunakan bahan ajar ini adalah pembelajaran

dengan metode ceramah. Hasil validasi dan uji efektivitas menunjukkan bahwa (1)

bahan ajar multimedia hasil pengembangan layak untuk digunakan dalam

pembelajaran, (2) bahan ajar multimedia efektif meningkatkan hasil belajar, (3)

mahasiswa memberikan persepsi yang positif terhadap bahan ajar multimedia

hasil pengembangan diantaranya, memotivasi untuk belajar, meningkatkan

pemahaman materi, dan membuat pembelajaran lebih menarik.