DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KAJIAN ISI DAN PENDEKATAN SAINTIFIK BUKU GEOGRAFI SMA KELAS X SEMESTER I BERDASARKAN KURIKULUM 2013

ana susiati

Abstrak


ABSTRACT

 

Susiati, Ana. 2016. Kajian Isi dan Pendekatan Saintifik Buku Siswa Geografi SMA

Kelas X Semester I Berdasarkan Kurikulum 2013. Tesis, Program Studi

Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si, (II) Dr. Singgih Susilo, M.S,

M.Si.

Kata kunci: kajian isi, pendekatan saintifik, kurikulum 2013

Pembelajaran pada kurikulum 2013 akan terlaksana dengan baik jika

didukung bahan ajar yang baik pula. Buku geografi masih menjadi bahan ajar utama

bagi siswa sampai saat ini. Berdasarkan  hasil analisis awal diketahui bahwa buku

geografi yang sudah dinilai kelayakannya oleh BNSP belum sesuai objek kajian

geografi dan pendekatan pembelajaran saintifik. Berdasarkan hal tersebut maka

buku perlu dikaji lebih lanjut. 

Telaah buku ini bertujuan untuk menganalisa kesesuaian materi buku

dengan obyek kajian geografi dan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan

penelitian deskriptif yang menggunakan dokumen sebagai objeknya. Dokumen

tersebut berupa buku geografi untuk kelas X SMA karangan Bambang Nianto

Mulyo dan Purwadi Suhandini. Pengumpulan data dilakukan  dengan menghimpun

konsep, fakta (data), generalisasi, media, dan aktivitas siswa dalam buku kemudian

dinilai kesesuaiannya. Data yang tidak sesuai akan diperbaiki oleh peneliti

kemudian dikonfirmasikan kepada validator. Hasil penelitian akan dipaparkan

dalam bentuk narasi dengan mengikutsertakan teori yang relevan. 

Hasil penelitian menunjukkan isi buku kurang sesuai dengan objek kajian

geografi dan aktivitas saintifik pendekatan saintifik berdasarkan kurikulum 2013.

Isi buku yang meliputi konsep, fakta (data), generalisasi dan media cukup sesuai

dengan obyek material geografi. Sebaliknya isi buku yang berupa uraian materi

kurang sesuai dengan obyek formal geografi. Langkah saintifik pada buku siswa

juga  kurang sesuai dengan pendekatan saintifik karena banyak indikator dalam

langkah saintifik yang belum diikutsertakan Berdasarkan hasil penelitian ini,

disarankan kepada pengguna buku siswa khususnya guru hendaknya menelaah

isinya telebih dahulu sebelum buku digunakan. Selain itu, penulis buku hendaknya

menguasai metode penulisan buku yang baik. Penerbit disarankan untuk lebih

efektif menyunting buku. BSNP hendaknya lebih ketat dalam  menilai kelayakan

 

buku siswa yang akan diedarkan.