DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keterampilan Metacognitive Experience Siswa pada Pembelajaran Matematika di SD Negeri Kotalama 1 Malang

ajeng pranandari

Abstrak


ABSTRAK

S, Inna Megawati. 2016. Keterampilan Metacognitive Experience Siswa pada Pembelajaran Matematika di SD Negeri Kota lama 1 Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pasca sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd (II) Dr. Sulton, M.Pd

 

Kata kunci: Keterampilan, Metacognitive experience, PembelajaranMatematika

 

Matematika merupakan materi pelajaran yang sulit dipahami siswa SD. Hal ini berkaitan dengan matematika yang bersifat abstrak dan juga mengenai emosi atau perasaan serta kognisi siswa SD saat menghadapi materi matematika di sekolah. Emosi atau perasaan dan kognisi siswamerupakan aspek pada diri siswa yang dipengaruhi oleh metacognitive experience.Metacognitive experience memiliki pengaruh kuat dalam hubungan keberhasilan pembelajaran dan sikap siswa di sekolah yang dipengaruhi oleh kognitif dan afektif. Sehingga hal ini menarik bagi peneliti untuk dilakukannya penelitian mengenai metacognitive experience siswa pada pembelajaran matematika di SD Negeri Kotalama 1 Malang. Data pendukung yang menjadi landasan utama untuk melakukan penelitian ini adalah gambarankeberadaansekolah yang beradapadalokasimasyarakatpendatangdantergolongunik dari pola berpikir dan respon terhadap pendidikan bagi anaknya.

Penelitianini bertujuan untukmenggambarkan peranmetacognitive feelingsdanmetacognitive judgmentsiswakelas IV B padapembelajaranmatematika di SD NegeriKotalama 1 Malang.

Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantermasukdalamstudinaratif.Subyekpenelitian yang dikajipadasiswakelas IV B sebanyak 5 orang dengankarekateristik yang berbeda (heterogen).Lokasibertempat di SD NegeriKotalama 1 jalanLaksamanaMartadinata V nomor 36 Malang.Instrumenpenelitian yang digunakanyaitulembarobservasi, catatanlapangan, dokumentasi, danpedomanwawancara yang disusunpenelitiberdasarkanmateri.Prosedurpengumpulan data melaluidokumentasi yang dilanjutkandenganobservasikemudianwawancara.

Hasiltemuan yang telahdidapatkan berupaperan metacognitive feelingsdanmetacognitive judgmentsiswa pada pembelajaran matematika di SD Negeri Kotalama 1 Malang melalui sikap yang mengindikasikan kemampuan mengembangkan suatu rencana kegiatan belajar dari pengetahuan yang didapatkan, mengidentifikasi kesulitan dan kemudahan berkenaan dengan kegiatan belajar, menyusun strategi (program belajar) untuk konsep, keterampilan, dan ide-ide yang baru, mengidentifikasi dan menggunakanpengetahuan dari aktivitas-aktivitas belajar sehari-hari sebagai sumber belajar, memanfaatkan teknologi modern sebagai sumber belajar, memimpin dan berperan serta dalam diskusi dan pemecahan masalah kelompok dengan mempertimbangkan, memutuskan, menaksir, memilih, dan menggunakan strategi, belajar dari dan mengambil manfaat pengalaman orang-orang tertentu yang telah berhasil dalam bidang tertentu, memahami faktor-faktor pendukung keberhasilan belajarnya.