DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Mengomunikasikan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

KARTIKASARI WAHYUNINGRUM SUBROTO

Abstrak


ABSTRACT

 

Penerapan Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Mengomunikasikan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Subroto, Kartikasari Wahyuningrum. 2016. Penerapan Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Mengomunikasikan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muhana Gipayana, M. Pd, (II) Prof. Dr. Heri Suwignyo, M. Pd

Kata Kunci:   keterampilan mengomunikasikan, pembelajaran tematik, pendekatan saintifik, sekolah dasar

Kegiatan pembelajaran di sekolah dasar pada umumnya masih didominasi guru sehingga terlihat komunikasi yang terjadi berpusat pada guru. Siswa tidak bisa menemukan gagasan sendiri dalam memecahkan masalah dan tidak mampu mencari informasi melalui sumber belajar selain guru. Hal ini juga berakibat, rendahnya kemampuan komunikasi siswa. Siswa jarang sekali bertanya, malu berpendapat dan tidak berani melakukan presentasi. Hasil observasi diperkuat oleh  hasil nilai proses siswa yang dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa dari 20 siswa terdapat  2 (10%) siswa yang aktif bertanya dan mampu berpendapat dengan percaya diri. Hal ini merupakan bukti bahwa keterampilan mengomunikasikan siswa baik secara lisan maupun tulisan masih rendah. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan mengomunikasikan siswa adalah dengan menerapkan pembelajaran tematik dengan pendektan saintifik. Dibantu oleh suplemen berupa panduan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengomunikasikan siswa dalam pembelajaran baik komunikasi secara lisan maupun tulis dengan menerapkan pembelajaran tematik dan pendekatan saintifik.

Desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Sidorejo 2 tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 20 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, pedoman wawancara, panduan analisis dokumentasi, dan lembar tes/ evaluasi.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan mengomunikasikan secara lisan dari pra tindakan ke tindakan siklus I sebesar 35%, dari tindakan siklus I ke tindakan siklus II sebesar 40%. Peningkatan keterampilan mengomunikasikan secara tulis dari pra tindakan ke tindakan siklus I naik sebesar 40%, dari tindakan siklus I ke tindakan siklus II naik 25%. Berdasarkan kriteria keberhasilan tindakan telah mencapai lebih dari 70% siswa yang memperoleh nilai lebih atau sama dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 70, maka pembelajaran pada siklus II berhasil.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan keterampilan mengomunikasikan. Peningkatan ditandai dengan siswa semakin percaya diri dan terampil dalam mengemukakan pendapat, mengajukan pertanyaan, memberikan ide, menulis cerita dan menulis laporan wawancara, serta terampil dalam presentasi hasil diskusi kelompok.

 

Bagi sekolah yang punya latar belakang masalah yang mirip dengan yang terjadi di SDN Sidorejo 2 Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk, disarankan untuk menerapkan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik.