DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran Biology Environment Technology Society terhadap Literasi Biologi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Kota Malang.

Eka Arum Sasi Mahardika

Abstrak


ABSTRACT

 

Pengaruh Strategi Pembelajaran Biology Environment Technology Society terhadap Literasi Biologi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Kota Malang.

Mahardika, Eka Arum Sasi. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Biology Environment Technology Society terhadap Literasi Biologi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Kota Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono, M.Si, (II) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M.Pd.

Kata kunci: BETS, literasi biologi, berpikir kritis, hasil belajar.

Pada abad 21, sains dan teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat sehingga mempengaruhi kehidupan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, diharapkan ada integrasi teknologi di dalam pendidikan. Berdasarkan hasil wawancara dan pretest dapat diketahui bahwa literasi biologi, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 7 Malang tergolong rendah. Upaya untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan perbaikan proses pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi biologi, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar biologi yaitu Biology Environment Technology Society (BETS). BETS mengintegrasikan biologi, lingkungan, teknologi, dan masyarakat yang dapat melatih siswa untuk memecahkan masalah dikehidupan sehari-hari. BETS memiliki tahapan identifikasi masalah/isu/pertanyaan, eksplorasi, eksplanasi dan solusi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh pembelajaran BETS terhadap kemampuan literasi biologi siswa kelas X SMA Kota Malang; 2) mengetahui pengaruh pembelajaran BETS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Kota Malang; 3) mengetahui pengaruh pembelajaran BETS terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Kota Malang.

 

Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 7 Malang. Penentuan sampel berdasarkan uji kesetaraan dengan uji statistik menggunakan uji t. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas X.4 dan X.6 dengan jumlah 68 orang. Literasi biologi, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif  diukur melalui tes tulis. Ranah afektif dan psikomotor diukur berdasarkan hasil pengamatan selama kegiatan pembelajaran. Data literasi biologi, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan analisis kovarian dengan bantuan Software SPSS 22.0 for Window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh strategi BETS terhadap literasi biologi, persentase peningkatan kelas eksperimen 15,17% lebih tinggi dibanding kelas kontrol; 2) ada pengaruh strategi BETS terhadap kemampuan berpikir kritis, persentase peningkatan kelas eksperimen 14,51% lebih tinggi dibanding kelas kontrol; 3) ada pengaruh strategi pembelajaran BETS terhadap hasil belajar kognitif, persentase peningkatan kelas eksperimen 25,88% lebih tinggi dibanding kelas kontrol; rata-rata nilai afektif pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, persentase peningkatan pada kelas kontrol dari materi dunia tumbuhan ke materi d