DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Implementasi Pendekatan Saintifik, Iklim Kelas dan Konsep Diri terhadap Penguasaan Kompetensi Kejuruan dan Dampaknya pada Employability Skills

Sunardi Sunardi

Abstrak


ABSTRACT

 

Sunardi. 2016. Kontribusi Implementasi Pendekatan Saintifik, Iklim Kelas dan Konsep Diri terhadap Penguasaan Kompetensi Kejuruan dan Dampaknya pada Employability Skills. Tesis, Program Studi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Purnomo, S.T., M. Pd., (2) Dr. Eddy Sutadji, M. Pd.

Kata kunci: pendekatan saintifik, iklim kelas, konsep diri, kompetensi kejuruan, employability skills

Industri membutuhkan tenaga kerja lulusan SMK yang memiliki academic skills, technical skills dan employability skill. Penyiapan siswa SMK agar memiliki academic skills, technical skills dan employability skills berpangkal pada proses pembelajaran, salah satunya adalah implementasi pendekatan saintifik. Selain itu, iklim kelas dan konsep diri juga berkontribusi dalam meningkatkan penguasaan kompetensi kejuruan dan employability skill. Tujuan dari penelitian ini adalah  mengetahui kontribusi implementasi pendekatan saintifik, iklim kelas, dan konsep diri terhadap penguasaan kompetensi kejuruan dan dampaknya pada employability skills. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif rancangan non eksperimen jenis survey yang bersifat ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII Paket Keahlian Teknik Pemesinan pada SMK di Sulawesi Selatan sebanyak 523 siswa dan sampel yang digunakan 221 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, confirmatory factor analysis (CFA), dan analisis structural equation modeling (SEM). Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 20.0 dan LISREL versi 9.10 Windows Application.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada kontribusi yang signifikan implementasi pendekatan saintifik terhadap penguasaan kompetensi kejuruan sebesar 24,30%; (2) ada kontribusi yang signifikan iklim kelas terhadap penguasaan kompetensi kejuruan sebesar 6,10%; (3) ada kontribusi yang signifikan konsep diri terhadap penguasaan kompetensi kejuruan sebesar 11,63%; (4) ada kontribusi yang signifikan penguasaan kompetensi kejuruan terhadap employability skill sebesar 4,75%; (5) ada kontribusi yang signifikan implementasi pendekatan saintifik terhadap employability skill sebesar 23,72%; (6) ada kontribusi yang signifikan iklim kelas terhadap employability skill sebesar 18,40%; dan (7) ada kontribusi yang signifikan konsep diri terhadap employability skill sebesar 14,67%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh stakeholder SMK sebagai bahan pertimbangan untuk memperbaiki kualitas penyelenggaraan pendidikan. Sehingga lulusannya memiliki academic skills, technical skills dan employability skills sesuai kebutuhan industri.