DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Peran Guru Program Sarjana Mengajar dan Persespsi Siswa terhadap Perilaku Belajar Siswa serta Hasil Belajar Produktif SMK di Jawa Timur

Riana Nurmalasari

Abstrak


ABSTRACT

 

Nurmalasari, Riana. 2016. Kontribusi Peran Guru Program Sarjana Mengajar dan Persespsi Siswa terhadap Perilaku Belajar Siswa serta Hasil Belajar Produktif SMK di Jawa Timur. Tesis, Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mardji, M.Kes (II) Dr. Andoko, M.T.

Kata Kunci: peran guru, sarjana mengajar, persepsi siswa, perilaku belajar, hasil   belajar, SMK.

Salah satu permasalahan yang dihadapi pemerintah untuk mengembangkan SMK yaitu kurangnya guru produktif dan tidak meratanya sebaran guru di Indonesia. Sejak tahun 2008 Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah menggulirkan program sarjana mengajar dalam rangka membantu pemenuhan guru produktif di SMK yang masih berstatus sebagai sekolah USB (Unit Sekolah Baru). Pasca 8 tahun bergulirnya program sarjana mengajar di Indonesia, banyak perubahan yang terjadi pada SMK. Hal tersebut dapat dilihat dari semakin bertambahnya jumlah SMK dari tahun ke tahun serta proses pembelajaran yang semakin baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi peran guru program sarjana mengajar dan persepsi siswa terhadap perilaku belajar siswa serta hasil belajar produktif SMK di Jawa Timur.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMKN 4 Bojonegoro, SMKN 1 Tuban, SMKN 3 Tuban, SMKN 3 Boyolangu Tulungagung teknik permesinan yang berjumlah 260 siswa dengan jumlah sampel 164 siswa.. Analisis yang digunakan yaitu analisis jalur (path analysis).

 

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: (1) Terdapat kontribusi yang signifikan peran guru program sarjana mengajar terhadap hasil belajar program keahlian teknik permesinan SMK di Jawa Timur secara langsung sebesar 13,54%  dan secara tidak langsung sebesar 19,89%, (2) Terdapat kontribusi yang signifikan persepsi siswa terhadap hasil belajar program keahlian teknik permesinan SMK di Jawa Timur secara langsung sebesar 13,91%  dan secara tidak langsung sebesar 18,49%, (3) Terdapat kontribusi yang signifikan perilaku belajar terhadap hasil belajar program keahlian teknik permesinan SMK di Jawa Timur secara langsung sebesar 5,24%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh stakeholder SMK sebagai bahan pertimbangan untuk memperbaiki kualitas penyelenggaraan pendidikan.