DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Reverse Screening Senyawa Alami Anti Aging Flavan-3-ol dari Theobroma cacao L. dan Pengembangannya untuk Buku Ajar Biologi Sel

Dianing Eka Puspitasari

Abstrak


ABSTRACT

 

Puspitasari, Dianing Eka. 2016. Analisis Reverse Screening Senyawa Alami Anti

Aging Flavan-3-ol dari Theobroma cacao L. dan Pengembangannya untuk

Buku Ajar Biologi Sel. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi,

Pascasrjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. agr.

Mohamad Amin, S.Pd., M.Si., (II) Dr. Betty Lukiati, M.S.

Kata kunci: Buku Ajar, Mata Kuliah Biologi Sel, Flavan-3-ol, anti aging, reverse

screening, Theobroma cacao L.

Biologi sel adalah subjek dasar yang penting dari kehidupan ilmu sains

modern, terdiri dari aktivitas kehidupan yang mendasar dari sel. Kegiatan

pembelajaran seharusnya fokus pada kegiatan yang berpusat pada mahasiswa dan

bagaimana seorang pendidik mendorong siswa untuk mengembangkan

keterampilan belajar mereka seumur hidup. Matakuliah Biologi Sel di Universitas

Negeri Malang, mahasiswa dituntut untuk mampu menggunakan konsep, prinsip

dan prosedur dalam kajian penelitian Biologi Sel untuk menemukan, menganalisis

dan memecahkan permasalahan dengan penerapan IPTEK dalam kajian Biologi Sel

berbasis kesehatan. Kajian Biologi Sel menggunakan penerapan IPTEK untuk

menemukan, menganalisis dan memecahkan permasalahan berbasis kesehatan bagi

mahasiswa dapat dilakukan melalui pendekatan Bioinformatika dengan metode

reverse screening. Berdasarkan pertimbangan tersebut perlu dikembangkan inovasi

buku ajar guna memperluas pengetahuan mahasiswa khususnya pada matakuliah

Biologi Sel berbasis Bioinformatika.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif eksploratif yang

terdiri atas penelitian in silico dan penelitian pengembangan. Hasil dari penelitian

in silico kemudian digunakan sebagai bahan untuk mengembangkan buku ajar.

Penelitian in silico menggunakan metode reverse screening, sedangkan penelitian

pengembangan buku ajar menggunakan 9 langkah model pengembangan Dick and

Carey (2009) yaitu mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran, melakukan

analisis pembelajaran, mengidentifikasi kemampuan, karakteristik, dan kebiasaan

yang dilakukan peserta didik, menentukan tujuan yang akan dicapai setelah

dilakukannya pembelajaran, mengembangkan instrumen penelitian,

mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan menentukan materi

pembelajaran, merancang dan melakukan evaluasi formatif, merevisi hasil

pembelajaran, merancang dan melakukan evaluasi sumatif.

Pada penelitian tahap I secara in silico diperoleh hasil protein target yang

berperan dalam skin aging yaitu MMP3. Hasil protein target yang diperoleh

kemudian diprediksi interaksinya melalui String-db web server. Pada penelitian

tahap 2 pengembangan buku ajar yang telah divalidasi diperoleh hasil yaitu dari

ahli materi sebesar 96,19% untuk komponen kelayakan isi, 96% untuk kelayakan

penyajian dan 94,54% untuk penggunaan bahasa, validator ahli media diperoleh

hasil sebesar 89,70% dan 93% untuk uji coba skala kecil. Kesimpulan secara

keseluruhan dari hasil validasi dan uji coba menyatakan buku ajar pada matakuliah

Biologi Sel dapat digunakan mahasiswa sebagai sumber belajar buku teks dengan

beberapa revisi yang harus dilakukan.

ABSTRACT

 

Puspitasari, Dianing Eka. 2016. Reverse Screening Analysis Anti Aging Natural

Compounds Flavan-3-ol of Theobroma cacao L. and Its Development for

Cell Biology Textbook. Thesis. Advisor: (I) Prof. Dr. agr. Mohamad Amin,

S.Pd., M. Si, (II) Dr. Betty Lukiati, M.S.

Keywords: Textbook, Cell Biology lesson, flavan-3-ol, anti aging, reverse

screening, Theobroma cacao L.

Cell biology is the subject of basic essentials of life of modern science,

consists of basic life activities of cells. Learning activities should focus on activities

centered on students and how educators encourage students to develop their

learning skills for life. In the course of Cell Biology at the State University of

Malang, students are required to be able to use the concepts, principles and

procedures in Cell Biology research studies to find, analyze and solve problems

with the application of science and technology in the health-based assessment of

Cell Biology. Study of Cell Biology uses the application of science and technology

to find, analyze and solve problems for students based health can be done through

a bioinformatics approach to reverse screening method. Based on these

considerations need to be developed innovations textbooks to expand students'

knowledge on the subject, especially based Cell Biology.

This study used a descriptive explorative study design consisting of in

silico research and development research. The results of research in silico then used

as an ingredient for developing textbooks. Research in silico using reverse

screening, while research development textbooks using the 9-step development

model of Dick and Carey (2009), which identifies the general purpose of learning,

analyzing learning, identify the skills, characteristics and habits that do learners, set

goals that will achieved after doing the learning, developing the research

instruments, develop learning strategies, develop and define learning materials,

design and conduct formative evaluation, revise the learning outcomes, design and

conduct summative evaluation.

In the first phase of research results obtained in silico target protein that

plays a role in skin aging that MMP3. The results obtained and the target protein

interactions predicted by String-db web server. In Phase 2 development of

textbooks that have validated the results obtained are of subject matter experts by

96.19% for feasibility component content, 96% for feasibility presentation and

94.54% for the use of language, media expert validator obtained yield was 89.70%

and 93% for small-scale trials. Overall conclusions from the results of validation

and test stated textbook on Cell Biology courses can be used by the student as a

 

learning resource textbook with some revisions to be done.