DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Thinking Actively in Social Context (TASC) dipadu iMindMap pada Mata Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMAN 4 Sidoarjo.

Putri Nuur Masita

Abstrak


ABSTRACT

 

Masita, Putri Nuur. 2016. Pengaruh Strategi Thinking Actively in Social Context

(TASC) dipadu iMindMap pada Mata Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan

Hasil Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMAN 4 Sidoarjo.

Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri

Malang. Pembimbing: (I) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd dan (II) Dr. Hadi Suwono,

M.Si.

Kata Kunci: TASC, iMindMap. Keterampilan berpikir

Pendidikan formal yang berlangsung kini cenderung terjebak pada

mengasah aspek mengingat (remembering) dan memahami (understanding) yang

merupakan low order of thinking. Pembelajaran yang lebih mengembangkan

keterampilan berpikir kritis dan kreatif yang termasuk dalam high order thinking

dan merupakan komponen kecerdasan abad 21 sangat diperlukan siswa untuk

menghadapi tantangan masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui

pengaruh strategi pembelajaran TASC dipadu iMindMap terhadap hasil belajar,

keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa pada pembelajaran biologi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi experiment dengan desain

pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas X

SMA Negeri 4 Sidoarjo, semester genap tahun pelajaran 2015-2016 sebanyak 229

siswa yang terbagi dalam 6 kelas paralel. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas

X tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 2 kelas dari 6 kelas yang ada. Kelas

eksperimen (X MIA 3) terdiri dari 39 siswa yang diperlakukan dengan

pembelajaran strategi TASC dipadu iMindMap, sedangkan kelas kontrol (X MIA

2) terdiri dari 38 siswa yang diberikan pembelajaran konvensional (ceramah dan

diskusi). Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan essay. Uji

hipotesis menggunakan anakova. Data penelitian sebelum dilakukan uji hipotesis,

dilakukan uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas

menggunakan Levene’s Test sebagai uji prasyarat untuk mengetahui data

berdistribusi normal dan homogen.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada pengaruh strategi

pembelajaran TASC dipadu iMindMap terhadap hasil belajar, keterampilan

berpikir kritis, dan keterampilan berpikir kreatif siswa. Strategi TASC dipadu

iMindMap dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif serta dapat

meningkatkan hasil belajar siswa, oleh karena itu disarankan bagi guru dan

pendidik untuk menerapkannya sebagai alternatif melatihkan keterampilan

berpikir kritis dan kreatif siswa dalam pembelajaran.

ABSTRACT

Masita, Putri Nuur. 2016. Influence Strategies Thinking Actively in Social Context

(TASC) combined iMindMap on Biology Subjects to Improve Learning Outcomes,

Critical and Creative Thinking Skills Students SMAN 4 Sidoarjo. Thesis. Biology

Education Studies Program, Postgraduate Malang State University. Supervisor: (I)

Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd and (II) Dr. Hadi Suwono, M.Si.

Key Word: TASC, iMindMap. Thinking skills

Formal education that takes place now likely to get stuck on honing

aspects remembering and understanding which is a low order of thinking.

Learning more develop critical and creative thinking skills are included in the

high order thinking and an intelligence component of the 21st century is very

necessary for a student to face future challenges. This study aims to determine the

effect of learning strategies TASC combined iMindMap for learning outcomes,

critical and creative thinking skills of students in learning biology.

This study uses a quasi-experimental approach to the design of pretestposttest

control group design. The population of this research were students of

Class X SMAN 4 Sidoarjo, the second semester of school year 2015-2016 as

many as 229 students, divided into six parallel classes. Samples were students of

Class X in the academic year 2015/2016 as much as 2 classes of six classes there.

Experimental class (X MIA 3) consists of 39 students who were treated with

learning strategies TASC combined iMindMap, while the control class (X MIA 2)

consisted of 38 students were given conventional learning (speech and

discussion). The data collection technique used was a multiple choice and essay

test. The hypothesis test using Anacova. The research data before hypothesis test,

performed using the Kolmogorov-Smirnov test for normality and homogeneity

test using Levene's Test as a prerequisite test to determine the normal and

homogeneous distribution of data.

Results of the research revealed that there is influence of learning

strategies TASC combined iMindMap for learning outcomes, critical thinking

skills, and creative thinking skills of students SMAN 4 Sidoarjo. Strategy TASC

combined iMindMap able to train critical and creative thinking skills and can

improve student learning outcomes, therefore it is advisable for teachers and

educators to implement it as an alternative to train critical and creative thinking

 

skills of students in learning.