DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis perbedaan hasil belajar kognitif dan keterampilan sosial melalui model pembelajaran make a match berbantuan slide share

Udin Cahya ari Prasetyo

Abstrak


ABSTRACT

 

Ari Prasetyo, Udin, Cahya. 2016. Perbedaan  hasil kognitif belajar IPS dan keterampilan socias melalui model pembelajaran Kooperatif Make A Match berbantuan slide share. Tesi, Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si (II) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd

Kata Kunci: Hasil Kognitif Belajar, Keterampilan Sosial, Make a Match.

Pelaksanaan penelitian ini dikarenakan adanya masalah yang dihadapi oleh siswa kelas V di SDN Ampelgading 01. Meraka merasa kesulitas dalam memahami materi mata pelajaran IPS, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM dengan nilai KKM 70 hanya 5% dari jumlah total keseluruan siswa sebanyak 26 siswa di kelas A dan 28 siswa di kelas B. Selain itu dalam pelaksanaan pembelajaran, kurangnya media membuat guru hanya menggunakan media yang konvensional seperti media buku dan pembelajaran yang dilakukan bersifat aksi dari guru.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif  dan jenis eksperimen semu. Desain eksperimen semu yang digunakan adalah ”non equivalent control group design”, dengan menggunakan uji t-test independent yang di bantu dengan software SPSS 16 dalam menganalisis data yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil perlakuan dalam pelaksanaan penelitian.

Dari hasil penelitian diambil data gain score untuk melihat signifikan perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, data hasil uji t menyatakan hasil kognitif belajar yang di ukur dari gain skor pretes dan postes bahwa nilai signifikannya adalah 0.000 dan untuk keterampilan sosial nilai signifikannya 0.000. Sehingga dapat diketahu bahwa 0.000 ≤ 0.05, dengan demikian dapat di ambil keputusan bahwa terdapat perbedaan secara signifikansi sehingga ada pengaruh model pembelajaran kooperatif make a match berbantuan slide share terhadap hasil kognitif belajar IPS dan keterampilan sosial siswa. Temuan temuan yang terjadi selama penelitian adalah (1) selama penelitian tingkat pertemanan siswa meningkat ditandai dengan adanya tos ketika bertabrakan (2) kemampuan berkomunikasi dengan siswa lain meningkat (3) kepedulian antara siswa satu dengan lainnya semakin meningkat di tandai dengan pemberian informasi kepada teman yang belum menemukan pasangannya (4) kerjasama antara kelompok semakin baik (5) hasil kognitif belajar IPS meningkat.

ABSTRACT

Ari Prasetyo, Udin, Cahya. Differences in Cognitive Learning Outcome and social skills through cooperative learning model of Make A Match assisted slide share. Thesis. Primary Education Study Program, Class Teacher Concentration, State University of Malang. Advisors: I) Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si (II) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd

Keywords: Cognitive Learning Outcome, Social Skill, Make a Match.

This research is conducted due to the problems faced by the fifth graders of Ampelgading 01 Public Elementary School. They find difficulties in understanding social science subject, indicated by students’ learning outcomes. Only 5% of 26 students of class A and 28 students in class B who pass the Minimum Passing Criteria of 70. In addition, during learning process, the teachers use conventional media such as books and tend to teacher-centered due to the lack of learning media.

This research used quantitative and quasi-experiment methods which aims.  Quasi-experimental design used is nonequivalent control group design, using independent t-test assisted with SPSS 16 software for data analysis to determine the effect of treatment in research implementation.

 

The research result presents gain score is obtained from the existing data to observe the significant differences between control and the experimental class, t test result indicates the cognitive learning measured from gain score of pretest and posttest have significant value of 0.000 and social skills shows significant value of 0.000. It is known that 0.000 ≤ 0.05, indicates that there is significant difference related to the effect of cooperative teaching model ‘Make a Match’ using slide share to the social science cognitive and social skill. Research findings include: (1) the research improves students’ friendship showing by high five, (2) the research improve students’ communication skill (3) the research improves students’ awareness to their peers showing by helping attitude (4) the research improves student group work (5) the research improves the learning cognitive of social science subject.