DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU TEKS IPA KELAS IV SDN 4 BAGIK PAYUNG BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM

hamzan - -

Abstrak


ABSTRACT

 

Hamzan. 2016. Pengembangan Buku Teks IPA Kelas IV SDN 4 Bagik Payung Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sumber Daya Alam. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. Umie Lestari,  M.Si, (II) Dr. Dedi Kuswanadi, M. Pd.

Kata Kunci: Buku teks IPA, inkuiri Terbimbing, Sumber daya alam

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan suatu mata pelajaran yang berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis. IPA bukan hanya berupa produk pengetahuan saja (fakta, teori, konsep, prinsip, dan prosedur), melainkan juga proses dan sikap. Pembelajaran IPA akan menjadi bermakna apabila proses pembelajaran memberi kesempatan pada siswa untuk bereksperimen, bereksplorasi, menemukan sendiri, menyelesaikan masalah, dan belajar menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.

Hasil observasi dan analisis kebutuhan yang dilaksanakan di SDN 4 Bagik Payung menunjukkan kesenjangan antara kondisi pembelajaran serta bahan ajar yang digunakan dengan kondisi ideal. Bahan ajar yang digunakan belum mampu memfasilitasi siswa untuk melakukan aktivitas ilmiah seperti inkuiri sehingga proses pembelajaran IPA tidak berjalan dengan optimal. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa buku teks IPA berbasis inkuiri terbimbing.

Model Penelitian dan pengembangan menggunakan Dick, Carrey and Carrey yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba penelitian adalah siswa SDN 4 Bagik Payung yang terdiri atas 6 siswa dalam uji coba kelompok kecil. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket respons siswa dan guru. Analisis data penelitian menggunakan metode perhitungan persentase untuk data angket. Tanggapan dan saran responden pada angket digunakan sebagai acuan perbaikan produk yang dikembangkan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan berupa buku teks IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi sumber daya alam telah memenuhi aspek kelayakan buku  ditinjau dari hasil validasi oleh ahli materi sebesar 84,32%, ahli desain bahan ajar 77,17%, bahasa dan respons siswa 84,16%. Berdasarkan paparan data tersebut, buku teks IPA berbasis inkuiri layak digunakan karena telah dikategorikan sangat valid, efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, serta praktis digunakan dalam proses pembelajaran IPA pada kelas IV di SDN 4 bagik payung. Dibutuhkan komitmen dari semua pihak, baik guru, siswa, sekolah, dan orang tua untuk menggunakan bahan ajar ini sesuai dengan petunjuk yang ada agar hasil lebih optimal. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan ada proses uji coba dalam skala yang lebih luas kemudian bahan ajar tersebut dapat disebarluaskan (diseminasi).