DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Siklus Belajar dengan diagram Vee terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Awal

Samsiah Hayati

Abstrak


ABSTRACT

 

Hayati, Samsiah. 2016. Pengaruh Pembelajaran Siklus Belajar dengan diagram Vee terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Awal. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Markus Diantoro, M.Si, (2) Drs. I Wayan Dasna, M.Si, M.Ed, Ph.D

Kata Kunci:     siklus belajar, diagram Vee, kemampuan awal, hasil belajar kognitif, keterampilan proses sains

Rata-rata hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa di Indonesia secara umum masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah penerapan strategi pembelajaran yang kurang tepat. Sekolah yang masih menerapkan pembelajaran tradisional cenderung lebih menekankan pada hafalan materi dan jarang melakukan praktikum. Strategi pembelajaran yang kurang efektif serta rendahnya hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa ini diharapkan dapat diatasi dengan menggunakan strategi pembelajaran siklus belajar berbantuan diagram Vee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran siklus belajar dengan diagram vee terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa ditinjau dari kemampuan awal.

Penelitian telah dilakukan dengan rancangan kuasi eksperimen dengan posttest only design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Banjarbaru tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII I (32 siswa) yang belajar menggunakan pembelajaran siklus belajar dengan diagram vee dan kelas VII H (32 siswa) yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Data yang diperoleh berupa data hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Butir soal tes yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan menggunakan statistik uji anava dua jalur.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat perbedaan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran siklus belajar dan diagram vee dengan pembelajaran konvensional; dan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains antara siswa yang berkemampuan awal berbeda yang belajar menggunakan pembelajaran siklus belajar dan diagram vee.