DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Video Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) serta Pengaruhnya terhadap Pengetahuan Lingkungan dan Motivasi Masyarakat Kota Malang

Benny Satria Wahyudi

Abstrak


ABSTRACT

 

Wahyudi, B.S. 2016. Pengembangan Video Program Kawasan Rumah Pangan

Lestari (KRPL) serta Pengaruhnya terhadap Pengetahuan Lingkungan dan

Motivasi Masyarakat Kota Malang Tesis. Program Studi Pendidikan

Biologi. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr.

Hj. Mimien H.I Al-Muhdhar, M.S., (II) Dr. Sueb, M.Kes.

Kata Kunci: video, Kawasan Rumah Pangan Lestari, pengetahuan lingkungan,

motivasi

Salah satu upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan gizi keluarga

dapat dilakukan dengan pemanfaatan sumber daya yang tersedia dan lahan

pekarangan oleh rumah tangga melalui program Kawasan Rumah Pangan Lestari

(KRPL). Tujuan penelitian dan pengembangan ini menghasilkan video KRPL

yang valid yang menggunakan model pengembangan ASSURE yang mampu

mempengaruhi pengetahuan lingkungan dan motivasi masyarakat. Tempat uji

kelompok kecil di Kelurahan Lowokwaru dan uji kelompok besar di Kelurahan

Bandungrejosari dan Kelurahan Bareng Kota Malang. Waktu penelitian yaitu

Mei-Juni 2016. Rancangan penelitian uji kelompok besar menggunakan

nonrandomized control group pretest-postest design. 

Rerata penilaian validator ahli instrumen, ahli materi, ahli media, dan

praktisi lapangan mencapai 84,96% dengan kategori sangat valid. Rerata uji

keterbacaan video 88,75% dengan kategori sangat valid. Uji kelompok besar

dilaksanakan di Kelurahan Bandungrejosari (kelompok eksperimen) dan

Kelurahan Bareng (kelompok kontrol) kota Malang. Hasil uji dengan

menggunakan Anakova yaitu ada perbedaan rerata skor posttest pengetahuan

lingkungan dan motivasi antara masyarakat yang menggunakan video KRPL dan

menggunakan powerpoint. Rerata skor kovariat berupa pretest berpengaruh

terhadap rerata skor posttest pengetahuan lingkungan (p = 0,000 < α = 0,05)

sedangkan pretest motivasi (p = 0, 119 > α = 0,05) tidak berpengaruh terhadap

hasil posttest motivasi. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat perbedaan rerata

skor posttest pengetahuan lingkungan dan posttest motivasi antara masyarakat

yang menggunakan video KRPL dan menggunakan powerpoint. Rerata skor

kovariat berupa pretest berpengaruh terhadap rerata skor posttest pengetahuan

lingkungan tetapi pada motivasi rerata skor pretest tidak berpengaruh terhadap

rerata skor posttest.

ABSTRACT

 

Wahyudi, B.S. 2016. Development Video of Sustainable Reserve

Food Garden Program and its Effect to Environmental Knowledge and

Motivational Society Malang City. Thesis. Biology Education Study

Program. Postgraduate. State University of Malang. Supervisors: (I) Prof.

Dr. Hj. Mimien H.I Al-Muhdhar, M.S., (II) Dr. Sueb, M.Kes.

Keywords: video, Sustainable Reserve Food Garden, environmental knowledge,

motivation

One of the effort to increase food security and nutrition of family can be

used with utilization of available resources and yard by households through the

Sustainable Reserve Food Garden program. The purpose of this research produces

a video of Sustainable Reserve Food Garden with valid criteria based on ASSURE

development model that affects the environmental knowledge and motivation of

society. The small test group location is in Lowokwaru and large test group in

Bandungrejosari and Bareng Malang city. Time of the research is from May to

June 2016. The design of study uses nonrandomized control group pretest-posttest

design.

The average of instrumental experts, a matter expert, a media expert, and

an environmental practitioner get 84.96% with a very valid category. Average of

video readability test is 88.75% with a very valid category. Large test group was

conducted at Bandungrejosari (experimental group) and Bareng (the control

group) a Malang city. The results of Anacova test are there are differences

between the mean score of posttest of environmental knowledge and motivation

among society who use video and powerpoint slides. Average of covariate score

(pretest) affects on the mean score of environmental knowledge posttest (p =

0,000 < α = 0,05) whereas the pretest of motivation (p = 0,119 > α = 0,05) does

not affect motivational posttest results. The conclusions of this research are there

are differences between the mean scores of environmental knowledge posttest and

motivational pretest among society who use video and powerpoint slides. Average

of score covariate (pretest) affect on the posttest score mean of environmental

knowledge but on motivational pretest mean score does not affect the average

 

posttest scores.