DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Perkuliahan Berbasis Penelitian Uji Toksisitas Akut Air Sungai Kalimati Muncar Terhadap A. Salina Dengan Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Mahasiswa

Winda - Anista

Abstrak


ABSTRACT

 

Anista, Winda. 2016. Pengembangan Perangkat Perkuliahan Berbasis Penelitian

Uji Toksisitas Akut Air Sungai Kalimati Muncar Terhadap A. Salina

Dengan Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir

Kritis dan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Tesis. Jurusan Pendidikan

Biologi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(I) Dr. Ibrohim, M.Si., (II) Dr. Hadi Suwono, M.Si.

Kata kunci: perangkat pembelajaran, uji toksisitas akut, pembelajaran inkuiri,

berpikir kritis, pemecahan masalah

Secara umum kompetensi yang harus dicapai mahasiswa dalam

matakuliah Ekologi adalah menelaah konsep-konsep dasar ekologi baik secara

teoritis maupun dengan melakukan kegiatan praktikum dengan mengamati

fenomena di lingkungan sekitar. Permasalahan limbah di Muncar Banyuwangi

merupakan sebuah fenomena lingkungan yang dapat dijadikan sumber belajar

untuk pembelajaran Ekologi bagi mahasiswa. Hal ini juga sesuai dengan tuntutan

perlunya penerapan pembelajaran yang kontekstual untuk meningkatkan

kemampuan berpikir mahasiswa. Penelitian bertujuan untuk: 1) mengetahui

pengaruh uji toksisitas akut air sungai Kalimati Muncar terhadap mortalitas

Artemia, 2) mengembangkan perangkat pembelajaran untuk Matakuliah Ekologi

berbasis penelitian uji hayati air Sungai Kalimati Muncar terhadap mortalitas

Artemia salina dengan pembelajaran inkuiri yang layak dan tervalidasi oleh ahli

materi dan praktisi lapangan. 

Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan

ADDIE. Model pengembagan ini terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis,

perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data penelitian

pengembangan ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh

dari skor penilaian terhadap lembar validasi perangkat pembelajaran maupun

angket respon mahasiswa. data kualitatif diperoleh dari saran dari validator dan

mahasiswa.

Hasil penelitian dan pengembangan perangkat pembelajaran berupa RPS,

RPP, modul, LKM, dan instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis dan

pemecahan masalah memiliki kualifikasi sangat layak dan tidak perlu direvisi.

Rata-rata hasil validasi dari RPS sebesar 3,5; RPP sebesar 3,7; modul sebesar 3,4;

LKM sebesar 3,3; dan instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis dan

pemecahan masalah sebesar 3,4. Pada uji coba perseorangan terhadap modul

sebesar 3,6 dan LKM sebesar 3,4 yang menunjukkan kualifikasi sangat layak.

Sedangkan pada uji coba kelompok kecil menunjukkan adanya peningkatan pada

kemampuan berpikir kritis sebesar 11,78% dan pemecahan masalah sebesar

11,96%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat

pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria sangat layak untuk dapat

digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan dapat meningkatkan keterampilan

berpikir kritis dan pemecahan masalah mahasiswa. Pengembangan perangkat

pembelajaran inkuiri berbasis penelitian sebaiknya juga dilakukan pada materi

lain ataupun matakuliah lain.

ABSTRACT

 

Anista, Winda. 2016. Developing Learning Media Based on Acute Toxicity Test

in Kalimati River of Muncar Toward A. salina with Inquiry Based

Learning to Improve the Critical Thinking Skills and Problem Solving of

Students. Thesis. Biological Education, Graduate Program of University

of Malang. Supervisors: (I) Dr. Ibrohim, M.Si., (II) Dr. Hadi Suwono,

M.Si.

Key Words: learning media, acute toxicity test, inquiry learning, critical thinking,

problem solving

Generally, the competency that should be achieved by the students in

Ecology course is analyzing the basic concepts of ecology not only theoretically

but also doing practices by observing the phenomena surround them. The waste

problem in Muncar Banyuwangi is the phenomena in our environment that can be

used as a source of ecology learning for students. This is also in accordance with

the demand of the importance of learning application that is contextual to improve

the thinking ability of students. This study was aimed: 1) investigating the effect

of acute toxicity test Kalimati river in Muncar through mortality of Artemia, 2)

developing the media for ecology course based bioassay test of Kalimati river in

Muncar toward mortality of Artemia salina using inquiry based learning by expert

valuator and practitioner . 

This developing study uses ADDIE developing model. This developing

model consists of five steps namely analyzing step, planning, developing,

implementing, and evaluating. The data of this study is in the form of quantitative

and qualitative data. The quantitative data is obtained from evaluation score

toward validation sheet of learning media and students’ response on questionnaire.

Meanwhile, qualitative data is obtained from the suggestion from the experts of

validation and the students. 

The result of the study and the developing of learning media are in the

form of RPS, module, LKM, and evaluation instrument of critical thinking ability

and problem solving have a very good qualification and there is no need revision.

The average result of validation from RPS is 3,5; RPP is 3,5; module is 3,4; LKM

is 3,4; and evaluation instrument of critical thinking ability and problem solving is

3,5. In the trial of individual questionnaire toward module is 3,6 and LKM is 3,4

showed that there is a very good qualification. Meanwhile, in the trial of mini

group showed that there is an increasing score on critical thinking ability 11,78%

and problem solving 11,96%. Based on this study can be concluded that

developing of learning media have very good qualification to be used in learning

activities and improve skills of critical thinking and problem solving. Developing

of learning media biological testing study based should be made in other materials

 

or another course.