DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul PembelajaranMemahami dan Memproduksi Teks Cerpen Bersumber dari Majalah Remaja untuk Siswa SMA/SMK

LILIS SUMARYANTI

Abstrak


ABSTRACT

 

Sumaryanti, Lilis. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Memahami dan

Memproduksi Teks Cerpen Bersumber dari Majalah Remaja untuk Siswa

SMA/SMK. Tesis, Progam Studi Pendidikan Bahasa Indonesia,

Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr.

Maryaeni, M.Pd., (II) Dr. Muakibatul Hasanah, M.Pd.

Kata Kunci: modul, teks cerpen, majalah remaja

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh sejumlah kesulitan yang

dialami oleh siswa dalam memproduksi teks cerpen. Kesulitan tersebut

disebabkan (1) kurangnya buku ajar yang mendukung materi memproduksi teks

cerpen dan (2) materi yang terdapat dalam buku teks belum dilengkapi panduan

untuk menulis secara rinci. 

Agar siswa mampu memproduksi teks cerpen, maka diperlukan referensi

tambahan yang mampu membimbing siswa menulis cerpen secara terarah. Selain

itu, siswa juga dapat belajar secara mandiri tanpa didampingi oleh guru. Buku

referensi tambahan yang diberikan dilengkapi dengan materi dan latihan yang

dapat menuntun siswa menulis cerpen secara mandiri. Alat penilaian berupa

evaluasi dan refleksi juga diperlukan agar siswa mampu mengukur sejauh mana

proses belajar yang telah dilewati.

Penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan produk berupa modul

memproduksi teks cerpen, contoh teks cerpen, latihan, evaluasi, dan refleksi yang

memenuhi kelengkapan isi; dan (2) mendeskripsikan hasil validasi dan hasil uji

keefektifan produk. Produk yang dikembangkan memperhatikan tahapan-tahapan

dalam menulis cerpen.

Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian pengembangan dengan

model pengembangan Borg & Gall yang terdiri atas sepuluh langkah. Berdasarkan

model tersebut, penelitian ini mengadaptasi model yang dikembangkan menjadi

beberapa langkah, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3)

pengembangan draf produk, (4) validasi ahli, (5) revisi, (6) validasi praktisi (7)

revisi (8) uji efektivitas, (9) revisi, dan (10) diseminasi. Jenis data dalam

penelitian ini, yaitu data numerik yang berupa skor-skor yang didapat dari subjek

uji terhadap modul yang dikembangkan dan data verbal yang berasal dari ahli

penulisan cerpen, ahli pembelajaran menulis cerpen, guru, dan siswa. Prosedur

pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara tidak terstruktur yang

dilakukan kepada ahli dan praktisi berkaitan dengan produk yang dikembangkan

dan survei terbatas yang dilakukan dengan cara memberikan angket kepada ahli. 

Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data

kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif diperoleh dengan cara

mengumpulkan dan mentranskrip data verbal yang berasal dari angket penilaian

ahli dan praktisi kemudian mengklasifikasikannya ke dalam kelompok yang

sesuai lalu menganalisis serta menyimpulkan tindak lanjut modul. Analisis data

kuantitatif diperoleh dengan cara menghitung skor yang diperoleh dari angket

penilaian ahli dan praktisi. Uji keefektifan produk dalam penelitian ini

menggunakan desain pretest-postest tanpa kelas kontrol, yaitu membandingkan

hasil siswa sebelum dan sesudah menggunakan modul yang dikembangkan.

Hasil pengembangan produk berisi langkah-langkah dalam memproduksi

teks cerpen, yaitu mulai dari pengetahuan tentang teks cerpen, menggali tema,

menentukan tokoh, alur, latar, sudut pandang, membuat dialog, judul, membuat

cerpen secara utuh, dan menyunting cerpen. Sistematika ini disajikan secara

berurutan sesuai dengan tahapan menulis. Modul ini menggunakan ragam bahasa

formal dan komunikatif. Tampilan dalam modul ini dibuat secara menarik dan

atraktif serta dicetak dalam ukuran kertas A4 80 gram dengan dominasi warna

sampul biru.

Berdasarkan hasil validasi terhadap aspek isi/materi diperoleh total skor

439 dan rerata sebesar 89,3% yang diperoleh dari ahli penulisan cerpen, ahli

pembelajaran menulis cerpen, dan praktisi. Revisi yang perlu dilakukan adalah

membenahi materi dan latihan soal. Hasil validasi aspek bahasa diperoleh total

skor 62 dan rerata sebesar 77,5% yang diperoleh dari ahli ahli penulisan cerpen,

ahli pembelajaran menulis cerpen, dan praktisi. Revisi yang perlu dilakukan

adalah  membenahi penggunaan bahasa pada petunjuk penggunaan siswa dan

penggunaan kata mahatahu dalam materi sudut pandang. Hasil validasi aspek

tampilan diperoleh total skor 147 dan rerata sebesar 81,6% yang diperoleh dari

ahli penulisan cerpen, ahli pembelajaran  menulis cerpen), praktisi. Revisi yang

perlu dilakukan adalah membenahi penggunaan jenis huruf, tata letak, dan

gambar.

Berdasarkan uji keefektifan produk, diketahui nilai signifikansi di SMA

Darul Ulum Agung -0,804 dan nilai signifikansi di SMK PGRI 3 -4,829. Dengan

taraf signifikansi yang diperoleh