DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Ekosistem Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Sumber Belajar Waduk Lahor untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Selorejo Kabupaten Blitar

Ayom Sribekti

Abstrak


ABSTRACT

 

Sribekti, Ayom. 2016. Pengembangan Pembelajaran Ekosistem Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Sumber Belajar Waduk Lahor untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Selorejo Kabupaten Blitar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar konsentrasi IPA, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (I) Dr. Ibrohim, M. Si., (II) Prof. Dr. Arif Hidayat, M. Si.

Kata kunci: pengembangan pembelajaran, inkuiri terbimbing, waduk Lahor, keterampilan proses sains, sikap ilmiah, hasil belajar kognitif.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk untuk menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran ekosistem berbasis inkuiri terbimbing dengan sumber belajar Waduk Lahor yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains, sikap ilmiah, dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selorejo Kabupaten Blitar.

Penelitian pengembangan ini mengadopsi model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, dkk (1974) yang disesuaikan dengan kondisi penelitian yang dilakukan. Tahapan-tahapan pengembangan model 4D menurut Thiagarajan, dkk (1974)  terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebarluasan). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus, RPP, handout, dan LKS. Perangkat pembelajaran  yang dihasilkan divalidasi oleh validator ahli dan praktisi lapangan, kemudian dilakukan  uji perorangan dan uji kelompok kecil. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket, soal tes, dan lembar observasi. Data penelitian terdiri dari yaitu data kuantitatif  yang diperoleh dari skor penilaian terhadap lembar validasi perangkat pembelajaran maupun angket respon siswa,  dan data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran dari ahli isi dan komentar dari siswa pada uji perseorangan dan uji kelompok kecil. Data kuantitatif maupun data kualitatif digunakan sebagai acuan revisi untuk mendapatkan produk pengembangan yang memenuhi efektifitas dan kriteria kelayakan.

 

Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa 1) perancangan  dan  penyusunan perangkat  pembelajaran  ekosistem berbasis inkuiri terbimbing dengan sumber belajar waduk Lahor telah  berhasil  dilakukan  dan  terbukti memiliki  kualifikasi sangat layak dan tidak perlu direvisi dengan rerata hasil validasi ≥ 90. Dengan demikian berarti perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Tingkat keterlaksanaan pembelajaran dengan perangkat pembelajaran ekosistem berbasis inkuiri terbimbing dengan sumber belajar waduk Lahor termasuk dalam kategori baik, capaian nilai untuk keterampilan proses sains dan sikap ilmiah pada kategori sangat baik dan baik, serta rerata ketuntasan hasil belajar kognitif yang mencapai 75%. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkan  dapat meningkatkan keterampilan proses sains, sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selorejo Kabupaten Blitar.