DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar Geografi di Homeschooling Sekolah Dolan Kota Malang.

Evi Fitriana

Abstrak


ABSTRAK

Fitriana, Evi. 2016. Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar Geografi di Homeschooling Sekolah Dolan Kota Malang. Tesis. Program Pascasajana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M. Si, (II) Prof. Dr. Budijanto, M.Sos

Kata Kunci: persepsi, proses pembelajaran, hasil belajar

Proses pembelajaran akan berjalan dengan lancar apabila didukung dengan komponen pembelajaran saling berkaitan yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, aktivitas tutor dengan siswa, dan evaluasi pembelajaran. Persepsi siswa tentang proses pembelajaran geografi menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan maupun menurunkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pembelajaran geografi di homeschooling yang meliputi: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran; (2) mengetahui persepsi siswa homeschooling tentang proses pembelajaran geografi; (3) mengetahui hasil belajar geografi siswa homeschooling Sekolah Dolan Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena menggunakan seluruh anggota populasinya yaitu 21 siswa homeshooling Sekolah Dolan. Pengumpulan data persepsi tentang pembelajaran menggunakan angket yang penilaiannnya berpedoman pada skala likert. Data hasil belajar dikumpulkan dari nilai rapor semester ganjil. Analisis deskriptif digunakan untuk data proses pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran geografi di homeschooling Sekolah Dolan yang terdiri atas perencanan proses pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sebagian besar sesuai dengan standar isi; (2) Persepsi siswa tentang pembelajaran geografi di homeschooling Sekolah Dolan sebagian besar siswa memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran geografi; dan (3) Hasil belajar geografi siswa homeschooling Sekolah Dolan Kota Malang termasuk dalam kategori baik dengan sistem penilaian sama dengan sekolah formal yang mengunakan kurikulum 2006. Proses pembelajaran merupakan salah satu faktor eksternal yang mempunyai kontribusi dalam menentukan hasil belajar, sehingga diduga terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar. Saran kepada peneliti lain untuk mengadakan penelitian sejenis dengan mengambil tempat dan responden penelitian yang lebih banyak sehingga ditemukan hubungan persepsi siswa tentang proses pembelajaran dengan hasil belajar.