DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Blabak 1 Kandat Kediri

Moh Adnan Khohar

Abstrak


ABSTRACT

 

 

Khohar, Moh Adnan. 2016. Penerapan Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Kelas IV  SDN Blabak 1 Kandat Kediri. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ruminiati, M.Si., (2) Dr. Munzil, M.Si.

Kata kunci: penerapan TGT, media interaktif, aktivitas belajar siswa.

Dari hasil studi pendahuluan tentang nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Blabak 1 Kandat Kediri pada tahun 2015/2016, ditemukan bahwa nilai hasil belajar siswa masih rendah. Ketuntasan belajar hanya mencapai 25,3%. Dalam proses pembelajaran guru menggunakan model dan metode pembelajaran ceramah dan penugasan. Media pembelajaran hanya sebatas gambar yang terdapat pada buku siswa, sehingga siswa cenderung mengalami kebosanan.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Blabak 1 Kandat Kediri yang berjumlah 29 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: 1) lembar observasi, 2) catatan lapangan 3) Tes, 4) dokumentasi. Tahapan dalam alur penelitian berupa siklus dengan 3 tahapan, antara lain: 1) perencanaan, 2) tindakan dan pengamatan, 3) refleksi dan tindak lanjut. Pembelajaran kooperatif berbantuan media interaktif memiliki langkah-langkah pembelajaran meliputi:1) Penyajian kelas, 2) Belajar dalam kelompok dengan memanfaatkan media interaktif, 3) permainan (game), 4) pertandingan (tournament), 5) penghargaan kelompok (recognize team). Pembelajaran kooperatif TGT berbantuan media interaktif menekankan pada pemkasimalan siswa memperoleh pemahaman materi untuk mencapai tujuan pembelajaran untuk mengatasi masalah aktivitas dan hasil belajar siswa yang rendah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran TGT berbantuan media interaktif oleh guru maupun siswa telah terlaksana dengan sangat baik. Pada siklus I skor keterlaksanaan pembelajaran kooperatif TGT berbantuan media interaktif oleh guru sebesar 75,51, sedangkan oleh siswa sebesar 75,41. Skor keterlaksanaan penerapan TGT berbantuan media interaktif oleh guru pada siklus II sebesar 83,3, dan oleh siswa mencapai 84,96. Hasil observasi aktivitas belajar  siklus I sebesar 71,15,  dan siklus II sebesar 81,61. Hasil belajar pengetahuan pada siklus I mencapai 72,23%, kemudian Siklus II mencapai 82,75%. Hasil belajar sikap siklus I dan siklus II diperoleh skor mencapai 73,26, siklus II mencapai 80,17. Ketercapaian ketrampilan belajar siswa siklus I mencapai 74,33 dan siklus II mencapai 80,38. Berdasarkan analisis data observasi aktivitas guru dan siswa, observasi aktivitas belajar, hasil tes dan observasi hasil belajar, hasil catatan lapangan, dan hasil wawancara bahwa melalui penerapan TGT berbantuan media interaktif mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS.

ABSTRACT

 

Khohar, Moh Adnan. 2016. The Application of Team Games Tournament with Interactive Media to Improve the 4th Graders’ Activeness and Achievement on Social Studies in SDN Blabak 1 Kandat Kediri. Thesis. Elementary Education Program, Graduate Program, State University of Malang. Advisor (1) Prof. Dr. Ruminiati, M.Si., (2) Dr. Munzil, M.Si.

Key Words: the application of TGT, interactive media, students’ activeness

Based on preliminary results of a study about the value of learning outcomes social science grade IV Kandat, Kediri 1 Blabak SDN in 2015/2016, found that the result of student learning outcomes is still low. The completely of learning only reached 25.3%. In the learning process of teachers using models and learning methods lectures and assignments. Learning media only as images found on the book students, so students tend to experience boredom.

This research uses a type of class action research (PTK). The subject of research in grade IV SDN Blabak 1 Kandat Kediri consist 29 Student. The instruments used in this study included: 1) observation sheets,2) field note 3) tests, 4) documentation. Stages in the flow of research in the form of a cycle with 3 stages, among other things: 1) planning,2) actions and observations, 3) reflection and follow-up. Cooperative learning-assisted interactive media has the learning steps include: 1) presentation class, 2) learn in groups by utilizing interactive media, 3) games 4) tournament, 5) recognize team. Cooperative learning TGT-assisted interactive media can enable students to gain an understanding of the material to achieve the goal of learning to cope with the problem of the activity and results of student learning.

 

The results showed that completely TGT learning-assisted interactive media by teachers as well as students have done very well. On cycle I score completed cooperative learning interactive media assisted by TGT teachers of 75.51, where as by the students of 75.41. Score completely application of TGT-assisted interactive media by teachers on cycle II of 83.3, and by students reached 84.96. The results of the observation activity learning cycle I of 71.15, cycle II of 81.61. the results of the study on knowledge cycle I achieved 72,23%. Cycle II reached 82,75%. Then the results of learning attitude of the cycle I and cycle II obtained score reaches 73.26, cycle II reached 80.17. The reached student learning skills cycle I achieve 74.33% and cyclical II reached 80,38%. Based on observation data analysis of the activity of the teachers and students learning activities, observations, test results and observations of the results of the study, the results of the note field, and the results of the interview that through the application of assisted TGT interactive media was able to increased the activity and results of the social studies..