DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan bahan ajar mata pelajaran bahasa korea dengan model R2D2 pada mahasiswa malang di club indrea.Tesis. Jurusan Teknologi Pembelajaran. Program S2 PascasarjanaUniversitas Negeri Malang.

Hong Jongmin Hong

Abstrak


ABSTRACT

 

Pengembangan bahan ajar mata pelajaran bahasa korea dengan model R2D2 pada mahasiswa malang di club indrea.Tesis. Jurusan Teknologi Pembelajaran. Program S2 PascasarjanaUniversitas Negeri Malang.

Sekaranginibanyakkitadapatipebelajar Indonesia yang ingin belajarBahasa Korea.Bukan hanya karena minat pebelaja runtuk mempelajari bahasa Korea melainkan juga kebutuhan untuk menambah softskill serta bekal untuk pengembangan kemampuan pebelajar dalam menghadapi era globalisasi.Selain itu yang menjadi penyebab utama adalahBahasa Korea bukanlah bahasa ibu atau buka nbahasa nasional yang digunakan olehpebelajar Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk memberika nsolusi dari masalah yang terjadi dalam satu pembelajaran dan membuat suatu kelompok belajar tersebutsemakin baik lagi Dalam penelitian ini penulis mengambil INDREA CLUB sebagai subjek penelitian karena organisasi tersebuta dalah organisas bahasa korea yang bersifat mandiri dan cara serta bahan ajarnya masih sangat sederhana maka penulis berpikir bahwa klub tersebut perlu mendapatkan pengembangan pengajaran

Metode yang penulis gunakandalam penelitian inia dalah Analisa data yang dilakukan dengan mengelompokan informasi-informasidari data kualitif yang berupamasukan, tanggapan, saran perbaikan, kritik yang terdapatpadaangket.Hasilanalisis data ini kemudian digunakan sebagai dasar merevisi produk bahana jarmata pelajaran Bahasa KoreauntukIndreaClub

 

Hasil yang penulisperolehdaripenilitian yang penulis lakukan adalah Berdasar kepada hasil yang diperolehdaripendapatdankoreksi native dan guru di indrea club maka penuli smengambil kesimpulan bahwa buku ini layak dan bisa digunaka nuntuk proses belajar mengajar di INDREA CLUB  karena hasil uji kelayakan buku berada di kisaran 70- 80% akan tetapi perlu adanya usaha gutu atau pendidikd ari club tersebut untuk memahami materi yang akan di ajarkan terlebih dahulu dan kepada peserta didik agar selalu mengulang materi yang sudah diiajarkan agar mudah dalam materi selanjutnya serta dapat menguasai bahasa korea dengan cepat.