DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Instrumen Asesmen Berpikir Kritis untuk Siswa SMP Kelas VII pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

DHARMAWATI DHARMAWATI

Abstrak


ABSTRACT

 

Dharmawati. 2016. Pengembangan Instrumen Asesmen Berpikir Kritis untuk Siswa SMP Kelas VII pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar IPA, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dra. Sri Rahayu, M.Ed., Ph.D, (II) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd.

Kata Kunci: pengembangan, instrumen asesmen, berpikir kritis

Pebelajar pada abad ke-21 harus mampu mengembangkan keterampilan kompetitif yang berfokus pada pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi, salah satunya adalah berpikir kritis. Sesuai dengan karakteristiknya, berpikir  kritis  memerlukan  latihan  yang  salah satu caranya dengan kebiasaan mengerjakan soal-soal  asesmen  yang  mengembangkan  keterampilan berpikir kritis. Oleh karena itu dilakukan kegiatan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen berpikir kritis untuk siswa SMP kelas VII pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dengan tingkat validitas dan reliabilitas yang memadai.

Rancangan penelitian diadaptasi  dari model pengembangan menurut Borg & Gall, yang meliputi langkah-langkah: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba terbatas, revisi produk uji coba terbatas, uji coba lapangan, revisi uji coba produk lapangan, dan penyempurnaan produk akhir. Data penelitian terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar saat validasi kelayakan produk oleh ahli, serta respon siswa terhadap soal asesmen pada uji coba produk terbatas. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari uji coba soal asesmen secara terbatas dan uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner dan soal tes berpikir kritis. Angket digunakan untuk mengetahui mengetahui tingkat validitas isi dan validitas konstruk. Uji coba terbatas dan uji coba lapangan untuk mengetahui validitas butir soal. Validator dalam penelitian ini adalah tiga dosen Universitas Negeri Malang dan satu guru IPA SMP. Uji coba terbatas dilakukan pada 34 siswa kelas VII pada salah satu SMPN, sedangkan uji coba lapangan dilakukan pada 74 siswa yang berasal dari dua SMPN lainnya di Kabupaten Blitar.

Berdasarkan hasil validasi isi dan konstruk diperoleh tingkat kelayakan produk sebesar 88,35% berada pada kriteria sangat layak. Tingkat keterbacaan soal asesmen yang diperoleh berdasarkan respon siswa pada uji coba terbatas sebesar 93,51% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba terbatas pada soal asesmen berupa penugasan diperoleh koefisien inter-rater reliability sebesar 0,951 dengan kategori sangat baik. Hasil validasi butir soal menunjukkan bahwa dari 20 soal pilihan ganda, 18 soal dinyatakan valid dan 2 soal tidak valid. Sedangkan untuk butir soal esai dari 11 soal, 9 soal dinyatakan valid dan 2 soal tidak valid. Tingkat reliabilitas untuk soal pilihan ganda dan esai berturut-turut adalah 0,792 dan 0,753, masing-masing berada pada kategori tinggi.

ABSTRACT

 

Dharmawati. 2016. Assessment Development of Critical Thinking for 7th Grade Students of Junior High School on The Material of Interaction Between Organism and Environment. Graduate Thesis, Elementary Education Program of Natural Science, Graduate Program, Universitas Negeri Malang. Supervisors: (I) Prof. Dra. Sri Rahayu, M.Ed., Ph.D (II) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd.

Keywords: development, asessments instrument, critical thinking

Students on the 21st century should be able to develop the competitive skills which focused on the development of high level thinking skill, such as critical thinking. In accordance to its characteristics, critical thinking required an exercise of familiarizing the assessment tests. Therefore, this research aimed to develop the assessment instrument of critical thinking for 7th grade students of junior high school on the material of interaction between organism and environment by the adequate validity and reliability level.

This research was adapted from the development model of Borg & Gall, consisted of following steps: observation and collecting the information, planning, development of early product, limited trial, revision of limited trial product, field trial, revision of field trial product and perfecting the final product. The data of this research consisted of qualitative and quantitative data. Qualitative data were obtained from experts’ suggestions and comments during the validation of product qualification, students’ response toward the assessment test of limited trial product. Quantitative data were obtained from limited trial of assessment test and field trial. The technique of data collection was through the questionnaire and critical thinking test. Questionnaire was used know the level of content validity and construct validity. The limited trial and field trial were aimed to know the validity of test items. Validators in this research were consisted of three lecturers of Universitas Negeri Malang and one natural science teacher of Junior High School. Limited trial was performed to the 7th grade students of SMPN, by the number of 34 students. Field trial was performed to 74 students from two other schools in Blitar Regency.

The result of content validity and construct validity test showed that product qualification was 88.9% which included in the category of very qualified. Legibility level of assessment tests based on the students’ response was 93.51% which included in very good category. Limited trial result of the assignment test was obtained the inter-rater reliability coefficient of 0.951 which included in very good category The results of validation items shows that from the 20 multiple choice, 18 questions were valid and 2 were invalid. As for the 11 essay items, 9 questions were valid and 2 questions were invalid. The level of reliability to the multiple choice questions and essays are respectively 0.792 and 0.753, respectively at the high category.