DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif, dan Retensi Siswa SMA Muara Badak.

Nursyamsi SY

Abstrak


ABSTRACT

 

SY, Nursyamsi. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif, dan Retensi Siswa SMAN 1 Muara Badak. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (II) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima, M. Pd, (II) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc, Ph.D

Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Numbered Heads Together (NHT), keterampilan berpikir kritis, hasil belajar kognitif, retensi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh strategi pembelajaran Student Numbered Heads Together (NHT) terhadap keterampilan berpikir kritis, hasil belajar kognitif, dan retensi siswa kelas XI SMAN 1 Muara Badak.

Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan berupa pretest posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Muara Badak tahun pelajaran 2015/2016.  Sampel penelitian ini siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelompok kontrol, dan XI MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian tertulis. Uji hipotesis menggunakan anakova. Data penelitian sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Levene’s Test sebagai uji prasyarat untuk mengetahui data berdistribusi normal dan homogen.

 

Berdasarkan hasil analisis data penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil uji anakova menunjukkan nilai p = 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis. Hasil uji anakova menunjukkan  nilai p = 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif. Hasil uji anakova menunjukkan  nilai p = 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berpengaruh terhadap retensi.