DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PEMBELAJARANSOCIO-SCIENTIFIC PROBLEM - BASED LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS, KETERAMPILAN METAKOGNITIF, DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI KOTA MALANG

Lutfi Rizkita

Abstrak


ABSTRACT

 

Rizkita, Lutfi. 2016. Pengaruh Pembelajaran Socio-scientific Problem-Based Learning terhadap Literasi Sains, Keterampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hadi Suwono, M.Si., (2) Prof. Dra. Herawati Susilo, M. Sc., Ph. D

Kata kunci: Socio-scientific Problem-Based Learning, literasi sains, keterampilan metakognitif, hasil belajar Biologi.

Survey yang telah dilakukan beberapa lembaga Internasional, seperti PISA (Program for International Student Assessment) dan TIMMS (Trends in International Mathematics and Science Study) menunjukkan bahwa skor rata-rata prestasi literasi sains siswa berada di bawah rata-rata skor Internasional. Rendahnya literasi sains siswa Indonesia salah satunya disebabkan oleh proses pembelajaran yang terjadi di kelas yang kurang melibatkan proses sains. Peningkatan literasi sains berhubungan dengan kemampuan pemecahan masalah dalam sains. Sehingga perlu penerapan strategi yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang salah satunya dapat diterapkan dengan strategi Socio-scientific Problem-Based Learning (SSPBL).

 

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui adanya pengaruh pembelajaran SSPBL terhadap literasi sains, 2) mengetahui adanya pengaruh pembelajaran SSPBL terhadap keterampilan metakognitif, dan 3) mengetahui pengaruh pembelajaran SSPBL terhadap hasil belajar siswa.  Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonrandomized control group pretest-posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian terdiri atas kelas eksperimen (X-F) dan kelas kontrol (X-G) yang dipilih secara acak dari populasi siswa kelas X SMAN 4 Malang yang telah teruji kesetaraannya. Variabel penelitian terdiri atas variabel bebas berupa strategi  SSPBL pada kelas eksperimen dan multistrategi pada kelas kontrol; dan variabel terikat terdiri atas literasi sains, keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa. Uji hipotesis dengan menggunakan anakova dengan taraf signifikansi 0,05 (P