DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Pengembangan Karir, Kompetensi Profesional, dan Motivasi dengan Kinerja Guru PAUD di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik

Rachman Halim Yustiyawan

Abstrak


ABSTRACT

 

Hubungan Pengembangan Karir, Kompetensi Profesional, dan Motivasi dengan Kinerja Guru PAUD di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik

Yustiyawan, Rachman Halim. 2016. Hubungan Pengembangan Karir, Kompetensi Profesional, dan Motivasi dengan Kinerja Guru PAUD di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Achmad Supriyanto, M.Pd., M,Si.; (II) Dr. Mustiningsih, M.Pd.

Kata Kunci: pengembangan karir, kompetensi profesional, motivasi, kinerja guru  PAUD

Pendidikan merupakan investasi jangka panjang untuk mencetak generasi penerus bangsa yang mampu menjawab tantangan di masa depan. Penyelenggaraan PAUD menjadi langkah awal keberhasilan perkembangan anak pada proses pendidikan selanjutnya. PAUD merupakan pendidikan yang sangat fundamental dalam keberhasilan mutu pendidikan nasional. Kinerja guru PAUD merupakan faktor utama yang perlu diperhatikan untuk mencapai mutu pendidikan yang diharapkan. Profesionalisme guru PAUD saat ini menjadi ujung tombak dalam kemajuan peradaban bangsa di masa yang akan datang. Untuk mewujudkan guru PAUD yang profesional maka pengembangan karir guru menjadi upaya untuk meningkatkan motivasi dan kompetensi profesional guru, yang pada akhirnya berdampak kepada kinerja yang dihasilkan oleh guru PAUD.

Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan langsung dan tidak langsung antara pengembangan karir, kompetensi profesional, motivasi kerja, dengan kinerja guru PAUD, yang terdiri dari: (1) mengetahui hubungan langsung antara pengembangan karir dengan kinerja guru; (2) mengetahui hubungan langsung antara pengembangan karir dengan motivasi kerja guru; (3) mengetahui hubungan langsung antara kompetensi profesional dengan kinerja guru; (4) mengetahui hubungan langsung antara kompetensi profesional dengan motivasi kerja guru; (5) Mengetahui hubungan langsung antara motivasi kerja dengan kinerja guru; (6) mengetahui hubungan tidak langsung antara pengembangan karir dengan kinerja melalui motivasi kerja guru; (7) mengetahui hubungan tidak langsung antara kompetensi profesional dengan kinerja melalui motivasi kerja guru.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 404 guru PAUD di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik dan dilakukan pengambilan sampel sejumlah 201 guru melalui teknik proportionate stratifed random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian ini didasarkan kepada analisis deskriptif yang menunjukan pengembangan karir, kompetensi profesional, motivasi kerja, dan kinerja guru PAUD pada kategori sangat tinggi. Analisis jalur yang menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan langsung secara signifikan antara pengembangan karir dengan kinerja guru; (2) terdapat hubungan langsung secara signifikan antara pengembangan karir dengan motivasi kerja guru; (3) terdapat hubungan langsung secara signifikan antara kompetensi profesional dengan kinerja guru; (4) terdapat hubungan langsung secara signifikan antara kompetensi profesional dengan motivasi kerja guru; (5) terdapat hubungan langsung secara signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru; (6) terdapat hubungan tidak langsung secara signifikan antara pengembangan karir dengan kinerja guru melalui motivasi kerja; (7) terdapat hubungan tidak langsung secara signifikan antara kompetensi profesional dengan kinerja guru melalui motivasi kerja.

 

Beberapa saran ditujukan kepada: (1) kepala satuan pendidikan untuk selalu memfasilitasi peningkatan profesionalisme guru PAUD dan memperhatikan perkembangan karirnya dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu; (2) guru-guru PAUD untuk mempertahakan dan tetap berupaya meningkatkan produktifitas kinerja dan profesionalitas mengingat bahwa PAUD merupakan pendidikan yang fundamental yang bertanggung jawab atas pertumbuhan dan perkembangan anak didik dalam menempuh pendidikan selanjutnya; (3) bagi peneliti lain yang ingin mengkaji mengenai pengembangan karir, kompetensi profesional, motivasi, atau kinerja guru PAUD, penelitian ini dapat dijadikan referensi dan literatur dalam melakukan penelitian selanjutnya, serta dapat mengembangkan model dan pembahasan penelitian sesuai dengan tuntutan dan perkembangan kondisi pendidikan.