DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERCIRIKAN KONSTRUKTIVIS TIPE GAGNON DAN COLLAY PADA MATERI STATISTIKA

Rani Puspita Rahayu

Abstrak


ABSTRACT

 

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERCIRIKAN KONSTRUKTIVIS TIPE GAGNON DAN COLLAY PADA MATERI STATISTIKA

Pengembangan kemampuan membangun suatu pengetahuan dapat dilakukan dalam  proses pembelajaran dengan cara menyajikan materi tidak dalam bentuk jadi. Harus ada aktivitas siswa dalam mengaitkan pengalaman baru dengan pengalaman yang sudah ada dikerangka berfikirnya. Dengan demikian tugas utama seorang guru adalah memfasilitasi siswa agar dapat membangun sendiri pengetahuan tersebut. Pembelajaran dengan  pendekatan konstruktivisme menjadi alternatif pembelajaran dimana pengetahuan dibangun secara aktif oleh individu.

Pembelajaran dengan konstruktivis Tipe Gagnon dan Collay dipilih karena secara teoritis maupun empiris mampu membantu siswa dalam membangun pengetahuannya.

Plomp (2010) dipilih sebagai model pengembangan perangkat pembelajaran yang terdiri dari tiga tahap yaitu penelitian awal, pembuatan prototipe, dan penilaian. Perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS) bercirikan konstruktivis tipe Gagnon dan Collay. Instrumen penelitian yang dikembangkan untuk menilai kualitas dari perangkat pembelajaran antara lain: (1) lembar observasi aktivitas guru, (2) lembar observasi aktivitas siswa, (3) angket respon siswa, (4) tes penguasaan bahan ajar, (TPBA) dan (5) lembar validasi. Perangkat pembelajaran yang disusun harus memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kevalidan produk dinilai berdasarkan hasil validasi sedangkan kepraktisan dan keefektifan produk dinilai dari hasil uji coba.

Hasil validasi dari dua validator menunjukkan bahwa perangkat dan instrumen memenuhi kriteria valid. Berdasarkan uji coba lapangan pada 32 siswa kelas VII I SMPN 2 Malang, aktivitas guru masuk kategori baik sehingga perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi tiga indikator efektifitas, yaitu aktivitas siswa masuk kategori baik, ketuntasan belajar klasikal tercapai, dan respon siswa positif. Dalam hal ini perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif.

 

Penerapan perangkat pembelajaran yang dikembangkan memberikan dampak pada peningkatan kemampuan siswa dalam membangun pengetahuan untuk setiap elemen konstruktivis tipe Gagnon dan Collay, keaktifan siswa di kelas, pemahaman materi terutama pada materi statistika dan motivasi belajar siswa.