DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Tema Indra Pendengaran dan Indra Penglihatan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Siswa SMP

Fitriani . Fitriani

Abstrak


ABSTRACT

 

Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Tema Indra Pendengaran dan Indra Penglihatan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Siswa SMP.

Fitriani. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Tema Indra Pendengaran dan Indra Penglihatan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Siswa SMP. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si (2) Dr. Hadi Suwono, M.Si

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah, Prestasi Belajar.

Kemampuan pemecahan masalah merupakan hal yang penting karena aktivitas ini merupakan aktivitas yang dilakukan oleh para ilmuwan dan terkait erat dengan metode penemuan, berpikir kreatif dan berpikir kritis. Kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dapat mendukung prestasi belajar siswa yang berhubungan dengan tes maupun nontes, baik  penilaian proses belajar maupun hasil belajar yang berupa kognitif, afektif maupun psikomotorik. Tujuan utama penelitian ini adalah: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berbasis masalah yang sahih atau valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar siswa SMP, (2) menguji efektifitas hasil pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis masalah terhadap peningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar siswa. Pengembangan produk ini menghasilkan suatu perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk guru dan buku siswa. Produk yang dikembangkan berupa silabus, RPP, modul materi, uji kompetensi dan penilaian hasil belajar.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modifikasi model Borg and Gall dengan rancangan quasi experiment. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Kota Malang Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli materi dan pembelajaran serta guru dan siswa sebagai pengguna. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah keterbacaan perangkat pembelajaran dan keevektifan perangkat melalui soal pretest-postest prestasi belajar dan kemapuan pemecahan masalah yang berbentuk pilihan ganda. Hasil keterbacaan perangkat pembelajaran IPA berbasis masalah untuk materi indra pendengaran dan sistem sonar 92,2 % serta materi indra penglihatan dan alat optik 89,6 % dengan kategori sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Hasil pretest-postest soal prestasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah lebih tinggi pada kelas ekperimen daripada kelas kontrol.

 

Beberapa saran dikemukakan berkenaan dengan hasil penelitian ini. Pertama, para guru yang menggunakan perangkat pembelajaran IPA berbasis masalah yang disusun untuk siswa kelas VIII berdasarkan K-13 perlu menyesuaikan terhadap beberapa karakteristik siswa terlebih dahulu seperti lingkungan sekolah apakah mendukung dengan fasilitas penyelidikan ilmiah. Kedua,perlu mensosialisasikan perangkat pembelajaran hasil pengembangan kepada guru-guru melalui forum musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) IPA dan forum seminar atau diskusi ilmiah.